Rekap Suara Banyak Keliru

Perolehan suara capres/cawapres, calon anggota DPD, DPR RI, DPRA, dan DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) pada Pemilu 2019 dilaporkan

Rekap Suara Banyak Keliru
Foto Kiriman Warga
Petugas PPS bersama PPK Woyla Barat, Aceh Barat membawa logistik Pemilu setelah tuntas perhitungan dan rekap suara di desa, untuk dibawa ke kantor camat, Kamis (18/4/2019). 

* Terjadi di Kabupaten Abdya

BLANGPIDIE - Perolehan suara capres/cawapres, calon anggota DPD, DPR RI, DPRA, dan DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) pada Pemilu 2019 dilaporkan banyak kekeliruan, terutama kesalahan pencatatan nomor urut dalam form C1 berhologram, dan form C1 yang dipegang saksi-saksi, serta pengawas.

Kekeliruan ini mengakibatkan terjadinya perbedaan dalam perjumlahan sehingga terjadi ketegangan dalam rapat pleno PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) rekap hasil perolehan suara yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (20-21/4).

Seperti diketahui, PPK di sembilan kecamatan dalam wilayah Abdya secara serentak melaksanakan rapat pleno sejak Sabtu (20/4), untuk rekap hasil perolehan suara dalam Pilpres dan Pileg 2019.

Rapat pleno dilaksanakan bersama PPS (Panitia Pemilihan Suara), dan saksi dari partai, serta turut dihadiri Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Baca: JaDI: Rekap Salinan C1 Rawan Kesalahan

Rekap suara dilakukan terhadap 427 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar di 152 desa/gampong dalam sembilan kecamatan di Abdya. Rinciannya, Kecamatan Babahrot 56 TPS, Kuala Batee 61 TPS, Jeumpa 32 TPS, Susoh 69 TPS, Blangpidie 61 TPS, Setia 25 TPS, Tangan-Tangan 40 TPS, Manggeng 48 TPS, dan Lembah Sabil 35 TPS.

Amatan Serambi, proses rekap suara dalam rapat pleno PPK berjalan sangat lamban, terutama rekap hasil perolehan suara calon anggota DPRK Abdya.

Pasalnya, dalam rapat pleno itu muncul banyak protes dari saksi sehingga kerap terjadi ketegangan.

Protes ini dipicu atas dugaan salah catat perolehan suara pada nomor urut calon di form C1 berhologram dan C1 yang dipegang para saksi ketika disalin dari form C1 Plano usai perhitungan suara di TPS.

Dugaan keliru pencatatan suara pada nomor urut calon dan salah perjumlahan perolehan suara menurut informasi terjadi hampir di seluruh TPS.

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved