Breaking News:

PA Dominasi Perolehan Suara

Prediksi Muzakir Manaf terbukti. Partai yang ia pimpin, Partai Aceh (PA) hingga kini menjadi partai politik yang dominan

Editor: bakri

BANDA ACEH - Prediksi Muzakir Manaf terbukti. Partai yang ia pimpin, Partai Aceh (PA) hingga kini menjadi partai politik yang dominan memperoleh suara untuk perebutan kursi di DPRA dalam ajang Pileg 2019.

Dari rekapitulasi suara sementara yang diperoleh Serambi, partai yang menaungi eks kombatan itu sudah mengantongi 161.401 suara partai, akumulasi suara caleg PA dari semua daerah pemilihan (dapil).

Jumlah perolehan suara sementara PA itu dihimpun dari sepuluh dapil untuk pemilihan calon anggota DPRA, dengan total suara yang baru masuk sebanyak 692.064 dengan rincian 28.151 suara tidak sah dan 663.913 suara sah.

Data perolehan suara sementara partai politik peserta Pileg 2019 tersebut didapatkan Serambi kemarin, dari sumber yang akurat. Namun, sumber dimaksud tak mau nama instansi/lembaga mereka disebut. Dan, hal itu juga menjadi perjanjian Serambi dengan pihak instansi yang ditugaskan merekap hasil Pemilu 2019 di Aceh itu.

Dari data sementara, sejumlah dapil menjadi kantong suara bagi PA, di antaranya dapil V (Aceh Utara dan Lhokseumawe) dengan sumbangan suara sementara sebanyak 88.354 atau setara dengan 35,69 persen. Selanjutnya di dapil II (Pidie dan Pidie Jaya) dengan raihan suara sementara 30.058 atau setara dengan 33,13 persen.

Kemudian basis suara PA lainnya ada di dapil VI (Aceh Timur) dengan perolehan sementara sebesar 9.791 setara dengan 36,91 persen. Sementara di dapil VII yang terdiri atas Kota Langsa dan Aceh Tamiang, suara yang sudah masuk untuk PA sebesar 7.910 atau 8,45 persen.

Sementara itu, tiga partai politik lokal lainnya, suara yang sudah masuk tercatat 15.994 untuk Partai SIRA, 15.582 untuk Partai Daerah Aceh (PDA), dan 37.329 untuk Partai Nanggroe Aceh (PNA).

Urutan kedua setelah Partai Aceh—yang kini mengusai klasemen suara—adalah Partai Demokrat yang hingga kemarin meraih suara sementara 72.994 dari semua dapil. Disusul Partai Gerindra yang telah mengantongi 67.741 suara dan PAN 56.256 suara.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA-PA), Muzakir Manaf alias Mualem yang ditanyai Serambi kemarin mengatakan, pihaknya untuk saat ini mengucapkan syukur atas rekapitulasi sementara suara yang diperoleh PA. Dia mengaku, saat ini suara untuk caleg PA terlihat dominan, namun Mualem tetap meminta para caleg dan kader PA mengawal dan menunggu hasil rekapitulasi riil dari penyelenggara.

“Ya alhamdulillah, semoga Pemilu 2019 ini banyak juga perwakilan PA di DPRA. Ini semua tentu berkat kerja sama para pengurus, kader, simpatisan PA, serta masyarakat yang mendukung PA,” kata Mualem saat dihubungi Serambi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved