PPS Wajib Tempel Form C1

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat mengaku sudah mengintruksikan seluruh Panitia Pemungutan Suara

PPS Wajib Tempel Form C1
SERAMBI/RIZWAN
Komisioner Komisioner Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, Saiful Asra (berdiri) menyaksikan pegawai KIP mengirim data form C1 hasil Pemilu serentak 2019 ke KPU di kantor setempat, Senin (22/4). 

MEULABOH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat mengaku sudah mengintruksikan seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kabupaten itu untuk menempelkan form C1 di Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Bila tidak ada lagi TPS karena sudah selesai Pemilu maka segera tempelkan C1 di desa masing-masing menurut jumlah TPS nya,” kata Sabki Mustafa Habli, Komisioner KIP Aceh Barat kepada Serambi, Senin (22/4).

Hal itu disampaikan Sabki ketika dikonfirmasi bahwa ada sejumlah TPS pascaperhitungan suara belum memasang form C1. “Sebenarnya, ketika bimbingan teknis (bimtek), sudah kami sampaikan. Dari laporan diperoleh bahwa ada yang belum menempelkan itu (form C1),” ucap Sabki.

Menurutnya, ada beberapa penyebab form C1 tidak ditempelkan, misalnya karena terkendala papan pengumuman pada TPS yang terbatas dan ada juga lantaran sudah terlalu malam. Namun begitu, ulasnya, untuk menyikapi persoalan itu, KIP secara berjenjang melalui PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan diteruskan lagi ke PPS untuk menempel from C1 di TPS masing-masing.

Sabki menerangkan, dengan ditempelnya form C1 maka akan memudahkan masyarakat untuk mengakses langsung terhadap laporan dan perkembangan pelaksanaan Pemilu di desa masing-masing. “Itu artinya pelaksanaan Pemilu 2019 transparan dan tidak ada yang ditutupi,” pungkasnya.

Pada bagian lain, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat menyatakan, hingga Senin (22/4) sore, belum ada satu pun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di daerah itu yang telah merampungkan rekapitulasi suara hasil Pemilu serentak 2019. “Belum ada yang tuntas. Masih berlangsung,” ujar Komisioner KIP Aceh Barat, Sabki Mustafa Habli kepada Serambi, kemarin.

Ia menjelaskan, lima PPK mulai merekap suara pada Sabtu (20/4), dan enam PPK lainnya baru melakukan perekapan, Minggu (21/4) kemarin. “Bahkan, PPK Johan Pahlawan baru merekap mulai Senin (22/4) ini. Jadi, belum ada PPK yang sudah rampung,” terangnya.

Dibeberkannya, sejauh ini proses rekap suara Pemilu 2019 di PPK masih berjalan lancar dan belum ada kendala berarti. Jika pun nanti muncul persoalan, Sabki mengimbau, semua pihak terkait harus menyelesaikannya sesuai dengan aturan berlaku. “Harapan kita berjalan lancar. Mari kita kawal bersama sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ajaknya.

Sabki menyebutkan, jumlah PPK di Aceh Barat tersebar pada 12 kecamatan dengan jumlah desa atau PPS sebanyak 322 desa. Sedangkan, jumlah TPS dalam kabupaten itu mencapai 628 buah.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved