Suara untuk Haji Uma Tembus Tiga Ratus Ribu

Calon anggota Dewan Perwakilan Derah (DPD) RI nomor urut 42 asal Aceh, H Sudirman alias Haji Uma tampaknya bakal

Suara untuk Haji Uma Tembus Tiga Ratus Ribu
IST

* Fadhil Rahmi Peringkat II

BANDA ACEH - Calon anggota Dewan Perwakilan Derah (DPD) RI nomor urut 42 asal Aceh, H Sudirman alias Haji Uma tampaknya bakal duduk kembali di kursi DPD RI. Soalnya, hingga kemarin, suara konstituen yang telah dikantongi aktor peran dalam film komedi Eumpang Breuh ini telah menembus angka 300.000.

Berdasarkan data perolehan suara sementara, hampir di semua kabupaten/kota, suara yang diperoleh Haji Uma tak terbendung. Rata-rata, di semua daerah Haji Uma berada di ranking pertama perolehan suara sementara.

Perolehan suara Haji Uma itu didapat Serambi kemarin berdasarkan data rekapitulasi sementara suara calon anggota DPD RI dari sumber akurat yang tak mau nama lembaga mereka dipublikasi.

Berdasarkan data itu, Haji Uma saat ini telah mengantongi 347.972 suara atau setara dengan 41,71 persen. Suara tersebut diraih Haji Uma dari 16 kabupaten/kota se-Aceh, minus Kota Langsa, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Subulussalam, dan Aceh Barat yang datanya belum diterima oleh sumber Serambi yang berdomisili di Banda Aceh.

Suara terbanyak untuk Haji Uma disumbang oleh pemilih di Aceh Utara, yakni 146.274 suara, disusul pemilih di Kota Lhokseumawe 35.582 suara, dan Aceh Timur sebesar 18.554 suara. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena hingga pukul 11.30 WIB kemarin, belum semua TPS ter-input datanya ke dalam rekapitulasi sementara sumber Serambi tersebut.

Posisi kedua setelah Haji Uma adalah calon bernomor 35, yaitu HM Fadhil Rahmi Lc yang hingga kemarin sudah mengantongi 70.461 suara atau sekitar 8,45 persen, disusul Abdullah Puteh nomor 21 yang telah meraih suara sementara 49.061 atau 5,88 persen. Selanjutnya pada posisi keempat untuk sementara diduduki oleh calon nomor 26 H Fachrul Razi MIP dengan jumlah 48.023 suara atau 5,76 persen.

Perolehan suara sementara untuk calon anggota DPD ini di-input dari 934.300 dengan rincian 99.987 suara tidak sah dan 834.313 suara sah dari 16 kabupeten/kota di Aceh, minus lima kabupaten. Jumlah perolehan ini akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Namun perlu diingat, data ini bukan data resmi dari penyelenggara pemilu, melainkan hanya sebagai data pembanding. Data yang resmi dikeluarkan secara berjenjang oleh Penyelenggara Pemilu 2019, yakni PPS, PPK, KIP kabupaten/kota, KIP Aceh, dan KPU RI. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved