Zaskia Sungkar Kepincut Kain Tradisional

MEMBENTANG dari Sabang hingga Merauke dan dari Miangas hingga Pulau Rote, kekayaan wastra nusantara

Zaskia Sungkar Kepincut Kain Tradisional
SERAMBI/BUDI FATRIA
ARTIS yang juga desainer Nasional, Zaskia Sungkar tampil dalam talkshow Islamic Fashion Festival (IFF) 2019, di Taman Bustanussalatin, Banda Aceh, Minggu (21/4) malam. Zaskia, juga memamerkan beberapa koleksi rancangannya yang bermotif kain Kalimantan pada acara tersebut. 

MEMBENTANG dari Sabang hingga Merauke dan dari Miangas hingga Pulau Rote, kekayaan wastra nusantara tak ubahnya ‘harta karun’ yang menunggu ditemukan. Khazanah yang melekat pada kain tradisional, mewakili kekayaan budaya masing-masing etnik yang berdiam di dalamnya. Di tangan sang desainer, kain tradisional pun naik kelas. ‘Menyulap’ kain daerah yang lekat dengan kesan ‘tua’, tampil gemerlap di panggung mode.

Peluang itulah yang dilirik oleh desainer nasional, Zaskia Sungkar. Artis yang merintis karir di industri fashion sejak enam tahun lalu itu, memamerkan karyanya lewat peragaan busana Islamic Fashion Festival (IFF) 2019. Bertempat di Taman Bustanussalatin (Taman Sari), Banda Aceh, (21/4) malam, sepuluh rancangan Zaskia Sungkar dibawakan secara apik oleh model lokal. Membawa kekayaan wastra ‘Borneo’ ke pentas fashion. “Ini seri Premium, terinsprasi dari kain Kalimantan,” beber Zaskia sesaat menjelang pagelaran busana.

Rancangan Zaskia yang dipamerkan malam itu, kebanyakan dalam potongan gaun dan tunik. Didominasi dengan permainan warna gelap, seperti perpaduan hitam dengan coklat emas atau warna hitam di atas di atas dasar warna merah maroon atau hijau tua. Menambahkan kipas bordir warna kuning khas Aceh, sebagai atribut pelengkap. Busana karya Zaskia Sungkar nan elegan, tampil gemerlap dalam permainan lighting dan visualisasi.

“Bagus ya, aku pikir acaranya seperti baisa aja, ternyata masya Allah. Outdoor gini dan di-support oleh LED yang baik, visualisasi desainernya juga bagus. Very entertaining,” komentar Zaskia.

Ia mengaku, hajatan fashion tahunan di Aceh tersebut, lebih dari apa yang dirinya bayangkan. Ya, malam itu istri dari artis, Irwansyah tersebut, didapuk menjadi bintang tamu IFF 2019. Sebelum memamerkan karya rancangannya, selama 30 menit, ia mengisi talkshow bertema ‘street fashion’.

Berbagi pengalaman awal mula dirinya terjun ke dunia desainer, hingga membuka sejumlah gerai fashion. Pemilik label Kia by Zaskia Sungkar, Zaskia Sungkar Jakarta, dan Sashi.id ini mengaku, berkolaborasi dengan sang adik, artis Shireen Sungkar dan sang mama, Fenni Bauti. “Katanya di sini banyak bordiran, ada songketnya juga. Aku kan rajin ngulik, kan ipar orang sini asli,” imbu Zaskia.

Perempuan berdarah Arab-Minang ini mengaku, setiap tahunnya mengeluarkan rancangan yang terinspirasi dari keindahan kain tradisional Indonesia. Pemilik sejumlah brand ternama itu, juga telah unjuk kebolehan ke pentas fashion dunia dengan menggelar peragaan busana mengusung kostum Betawi. Kain tradisional adalah ekspresi budaya sekaligus seni mahakarya Indonesia.(nurul hayati)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved