Peringati Hari Bumi, Miliarder Swiss Sumbang Rp14,1 Triliun untuk Selamatkan Lingkungan

Yayasan ini berharap dapat membantu melindungi tanah dan lautan dengan mendukung pekerjaan konservasi yang dilakukan di seluruh dunia

Peringati Hari Bumi, Miliarder Swiss Sumbang Rp14,1 Triliun untuk Selamatkan Lingkungan
twimg.com
Hansjörg Wyss 

SERAMBINEWS.COM - Hari Bumi tahun ini, Bumi mendapat kado istimewa dari seorang miliarder asal Swiss.

Ya, sepeti diketahui pada tanggal 22 April, kita memperingati sebuah hari yang juga diperingati oleh seluruh umat manusia di dunia, yakni Hari Bumi atau Earth Day.

Sampai saat ini semakin banyak pihak dan gerakan yang bersuara secara lantang menuntut kita semua untuk semakin peduli terhadap "rumah" tempat kita berlindung.

Dirilis dari Ladbible, seorang miliarder dari Swiss telah berjanji untuk menyumbangkan $1 miliar (sekitar Rp14,1 triliun) sepanjang 10 tahun ke depan untuk membantu upaya konservasi Bumi.

Baca: Kontainer Sampah Elektronik Justru Berisi Popok Bekas Pakai, Duterte : Kanada, Ambil Sampahmu!

Filantropis Hansjörg Wyss, CEO dari Wyss Foundation, mengumumkan rencana berani pada Oktober tahun lalu.

Yayasan ini berharap dapat membantu melindungi tanah dan lautan dengan mendukung pekerjaan konservasi yang dilakukan di seluruh dunia, serta meningkatkan kesadaran akan masalah lingkungan dan mendanai beberapa proyek ilmiah.

Wyss mengatakan dia percaya hal ini dapat dicapai untuk melestarikan 30 persen Bumi pada tahun 2030.

Dan juga menambahkan bahwa tanah dan laut dapat terlindungi dengan baik ketika mereka diubah menjadi 'taman nasional', atau 'tempat perlindungan satwa dan laut'.

Baca: Istri Pelaku Bom Sri Lanka Ledakan Diri saat Diserbu Polisi, Dua Anaknya Turut Jadi Korban

Yayasan ini berharap dapat menawarkan dukungan untuk pekerjaan konservasi dunia yang bisa dikelola secara lokal.

Greg Zimmerman, direktur komunikasi di Wyss Campaign for Nature, mengatakan "Apa yang kami temukan selama bertahun-tahun adalah bahwa jika itu tidak didorong oleh orang-orang yang tinggal di komunitas ini."

"Jika tidak ada dukungan lokal, maka anda akan memiliki masalah politik, Anda akan memiliki masalah tempat-tempat ini [tidak] dilindungi secara permanen."

Baca: Jawa Pernah Jadi Lumbung Padi dari Timur dan Pengekspor Permen Jahe Abad Ke-18

"Kita masing-masing - warga negara, dermawan, pemimpin bisnis dan pemerintah - harus direpotkan oleh kesenjangan yang sangat besar antara seberapa sedikit dari dunia alami kita saat ini yang dilindungi dan berapa banyak yang harus dilindungi. Ini adalah celah yang harus kita segera persempit, sebelum jejak manusia kita menghabiskan tempat-tempat liar yang tersisa di bumi. "

Dan dia tentu saja menempatkan uangnya di mulutnya - hingga satu miliar dolar selama satu dekade berikutnya. (Tribunstyle/Dhimas Yanuar).

(Dhimas Yanuar Nur Rochmat)

Artikel ini tayang pada Intisari Online dengan judul : Peringati Hari Bumi, Miliarder Swiss Ini Sumbang Rp14,1 Triliun untuk Selamatkan Bumi

Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved