Wakili Banda Aceh, Tim Provinsi Nilai Gampong Lhong Raya

Tim provinsi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Kamis (25/4/2019) melakukan penilaian terhadap Gampong Lhong Raya...

Wakili Banda Aceh, Tim Provinsi Nilai Gampong Lhong Raya
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL BIN ZAIRI
Tim provinsi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, melakukan penilaian terhadap Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh,Kamis (25/4/2019).   

Wakili Banda Aceh, Tim Provinsi Nilai Gampong Lhong Raya

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Tim provinsi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Kamis (25/4/2019) melakukan penilaian terhadap Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh yang mewakili Banda Aceh dalam ajang lomba gampong tingkat provinsi tahun 2019.

 

Baca: Danlanud SIM dan Bupati Aceh Besar Jajal Paralayang dari Perbukitan Ladong

Baca: Lagi, Tiga Atlet Rugby Aceh Dipanggil Seleknas

Baca: Universitas Samudra Langsa Wisuda 490 Lulusan

Kepala DPMG Aceh, Drs Bukhari MM mengatakan ada beberapa aspek yang dinilai pihaknya. Yaitu, aspek kewilayahan, aspek pemerintahan, aspek pendidikan, aspek kesehatan, aspek keamanan dan ketertiban serta produk hukum dan siaga bencana, dan aspek pelaksanaan syariat Islam.   

Dia menyatakan dalam penilaian itu pihaknya akan mengambil 10 perwakilan gampong se Aceh. Gampong-gampong yang dinilai adalah yang memenangi lomba gampong tingkat kabupaten beberapa waktu lalu. Di Banda Aceh, Gampong Lhong Raya berhasil menjadi pemenang perlombaan itu.

Dia melanjutkan, dalam perlombaan itu Pemerintah Aceh menyediakan hadiah berupa plakat dan uang pembinaan. Untuk juara 1 Rp 100 juta, juara 2 Rp 90 juta, juara 3 RP 80 juta, juara harapan 1 Rp 60 juta, juara harapan 2 Rp 50 juta, dan juara harapan 3 Rp 40 juta.

Bagi empat peserta/gampong lain yang tidak masuk nominasi tetap diberi uang pembinaan, masing-masing Rp 25 juta. “Jadi gampong yang masuk dalam 10 besar penilaian provinsi, semua diberi uang pembinaan,” kata Bukhari didampingi Kepala DPMG Banda Aceh Drs Dwi Putrasyah dan Camat Banda Raya, Reza Kamilin SSTP.

Sebelum dilakukan penilaian, Keuchik Gampong Lhong Raya, Zulfikri SE dalam acara penyambutan menyampaikan latar belakang gampong, program, dan berbagai keberhasilan gampong. “Pada hari ini genap tiga tahun saya menjabat keuchik, alhamdulillah banyak hasil gemilang yang telah dicapai,” katanya.

Di antara sejumlah prestasi yang dicapai seperti mendapat piagam penghargaan keuchik yang memiliki komitmen dan dukungan kuat dalam pelaksanaan syariat Islam dari Wali Kota Banda Aceh pada 2017. Gampong Lhong Raya juga pernah meraih juara pertama sebagai Gampong Sehat gemilang pada 2017.

Di tingkat nasional, terpilih sebagai keuchik terkooperatif dalam kegiatan indeks perspsi publik tindak pidana pencucian uang dan tidak pidana pendanaan terorisme di Indonesia dari Pemerintah Pusat. “Penghargaan ini hanya diberikan kepada tiga orang kepada desa dari seluruh desa yang ada di Indonesia,” ujar dia.(*)    

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved