580 Peserta Ikut MTQ Bireuen

Sebanyak 580 peserta dari 17 kecamatan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 Tingkat Kabupaten Bireuen

580 Peserta Ikut MTQ Bireuen
SERAMBI/FERIZAL HASAN
KAFILAH dari 17 kecamatan mengikuti pawai taaruf memeriahkan MTQ Ke-34 Tingkat Kabupaten Bireuen, Kamis (26/4). 

BIREUEN - Sebanyak 580 peserta dari 17 kecamatan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 Tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2019. Musabaqah tersebut dibuka Bupati Bireuen, H Saifannur SSos, di Kompleks Masjid Agung Bireuen, tadi malam. Pembukaan itu dihadiri unsur Forkompimda Bireuen, kepala SKPK dan camat di lingkungan Pemkab setempat, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia MTQ Ke-34 Bireuen, Jufliwan SH MM, mengatakan, musabaqah tersebut berlangsung pada 26 April-1 Mei mendatang. Menurutnya, panggung utama serta lomba untuk cabang tilawah dan qiaraat berada di halaman Masjid Agung Bireuen. Sementara Meunasah Kulah Batee menjadi lokasi lomba cabang tartil, tahfiz, tafsir, dan syarhil Quran. Kemudian, Aula SMAN 1 Bireuen sebagai lokasi lomba cabang Musabaqah Makalah Alquran (MMQ) dan khattil Quran, serta Aaula SMAN 2 Bireuen sebagai tempat pelaksanaan lomba cabang fahmil Quran.

Dirincikan, peserta MTQ tersebut terdiri atas cabang tilawah 129 orang, qiraat sabaah 66 orang, tahfiz 63 orang, fahmil Quran 102 orang (34 regu), syarhil Quran 99 orang (33 regu), khattil Quran 86 orang, tafsir 10 orang , MMQ 18 orang, dan Musabaqah Hadist Arbain sebanyak lima orang. “Cabang muasabawah Hadist Arbain adalah cabang eksebisi di Bireuen, pesertanya hanya lima orang,” kata Jufliwan yang juga Kadis Syariat Islam Bireuen.

Menurutnya, seluruh peserta ditempatkan pada sejumlah rumah warga di sekitar lokasi acara. Pemondokan tersebut, sambung Jufliwan, ditangani oleh masing-masing camat. Sebelum pembukaan, seluruh peserta mengikuti pawai taa’ruf yang dimulai dari halaman pendopo bupati dan berakhir di halaman Masjid Agung Bireuen.

Jufliwan menambahkan, MTQ tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan silaturahmi, menyiarkan dan meningkatkan bakat dan minat membaca Alquran guna lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengevaluasi pelaksanaan pengajian kader qurani apakah mereka sudah mampu mengimplementasikan nilai-nilai dan isi kandungan Alquran atau belum, serta sebagai ajang seleksi peserta untuk MTQ tingkat provinsi yang akan berlangsung di Kabupaten Pidie, dalam waktu dekat.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved