Beredar Hoaks Sebut 'Antara' Beritakan Sekjen PBB Ucapkan Selamat atas Kemenangan Prabowo

Berita palsu itu dibuat seolah-olah mengutip kantor berita China, Xinhua, yang memberitakan kabar itu dari New York, Amerika Serikat.

Beredar Hoaks Sebut 'Antara' Beritakan Sekjen PBB Ucapkan Selamat atas Kemenangan Prabowo
Meidyatama Suryodiningrat
Beredar artikel berjudul Sekjen PBB Ucapkan Selamat pada Prabowo Atas Terpilihnya Menjadi Presiden RI atasnamakan LKBN Antara. 

SERAMBINEWS.COM - Berita-berita bohong terkait Pemilu 2019 masih terus beredar di dunia maya, khususnya melalui media sosial atau aplikasi pesan instan.

Terbaru adalah beredarnya artikel bohong berjudul "Sekjen PBB Ucapkan Selamat pada Prabowo atas Terpilihnya menjadi Presiden RI" yang disebutkan tayang di Antara sejak Jumat (26/4/2019). 

Berita palsu itu dibuat seolah-olah mengutip kantor berita China, Xinhua, yang memberitakan kabar itu dari New York, Amerika Serikat.

Lembaga Kantor Berita Nasional Antara juga sudah memberikan bantahan terkait berita palsu tersebut.

Baca: FOTO-FOTO : Tumpukan Sampah di Bakoi, Aceh Besar

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, artikel yang berisi kabar bahwa Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB memberikan ucapan selamat kepada calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, dibuat seakan-akan tayang pada Minggu (21/4/2019).

Dalam artikel, disebutkan bahwa Sekjen PBB, Pedro Coelho menyampaikan ucapan selamat dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicaranya.

Berikut isi dari pernyataan tersebut:

"Sekretaris Jenderal telah mengikuti secara seksama pemilihan presiden di Indonesia yang diselenggarakan pada 17 April, dan menyampaikan dengan puas banyaknya pemilihan yang dilaporkan memberi suara mereka.

Sekretaris Jenderal bermaksud tetap terlobat dengan Pemerintah Indonesia dan dengan presiden terpilihnya Prabowo Subianto mengenai masalah penting bagi masyarakat internasional dan kesejahteraan rakyat Indonesia."

Halaman
123
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved