PA Masih Kuasi DPRA

Partai politik (parpol) peserta Pemilu mulai menghitung-hitung perolehan suara hasil pencoblosan 17 April 2019

PA Masih Kuasi DPRA
IST

* Hasil Klaim Masing-masing Parpol

BANDA ACEH – Partai politik (parpol) peserta Pemilu mulai menghitung-hitung perolehan suara hasil pencoblosan 17 April 2019. Dari data yang diperoleh Serambi, Jumat (26/4), untuk sementara Partai Aceh (PA) menjadi partai peraih kursi terbanyak di DPRA.

Kemarin, Serambi menghubungi semua parpol yang ada di Aceh. Masing-masing parpol mengklaim sudah meraih kursi DPRA. Ada yang meningkat dibandingkan Pemilu 2014, ada pula yang menurun. Hasil itu didapatkan dari hasil hitung cepat internal partai pada sepuluh dapil di Aceh.

PA, misalnya, mengklaim meraih sekitar 24 kursi. Tetapi sumber versi lain menyebutkan, PA hanya meraih 18-19 kursi. Namun, prediksi itu masih bisa berubah karena saat ini proses rekapitulasi masih berlangsung di tingkat kecamatan.

“Untuk sementara (PA meraih) lebih kurang 24-25 kursi, tapi ini belum final karena belum semua suara masuk,” kata Sekretaris Jenderal PA, Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak menjawab Serambi melalui sambungan telepon kemarin.

Jumlah tersebut tentu masih jauh dari hasil perolehan kursi pada Pemilu 2014, yaitu 29 kursi dari 81 kursi DPRA. Kondisi ini menjadi pertaruhan besar bagi PA, apakah bisa mempertahankan kursi yang sudah ada atau malah menyusut.

Abu Razak tetap optimis partainya bisa mempertahankan kursi yang ada. Apalagi saat ini di beberapa daerah belum semua suara masuk. Proses rekapitulasi juga sedang berlangsung. Untuk putusan akhir, Abu Razak masih menunggu keputusan KIP Aceh.

Di bawah PA, ada beberapa partai berbasis nasional yang masing-masing mengklaim sudah mengantongi sembilan kursi DPRA. Seperti Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dari empat partai itu, hanya Golkar yang perolehan kursinya bertahan, sedangkan lainnya mengalami peningkatan dibanding Pemilu 2014. Seperti Demokrat dari delapan kursi, pada pemilu kali ini diprediksi bertambah satu kursi menjadi sembilan kursi.

Lain lagi dengan PAN dan PKS, suaranya naik signifikan. PAN dari tujuh kursi sebelumnya kini bertambah dua kursi. Bahkan di dapil 1 dan 10 diprediksi masing-masing dapil dapat dua kursi. “Potensi itu ada,” kata Plt Ketua PAN Aceh, T Hasbullah HD.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved