PBB Terhempas di Galus dan Agara

Partai Bulan Bintang (PBB) di daerah pemilihan (dapil) VIII Gayo Lues (Galus) dan Aceh Tenggara (Agara)

PBB Terhempas di Galus dan Agara
Serambinews.com
Hasil Perolehan Suara Sementara untuk DPRK di Dapil 3 Kabupaten Gayo Lues 

* Suara di Dapil VIII tak Capai 1 Persen
* PAN juga Kehilangan Kursi di DPRA

BLANGKEJEREN - Partai Bulan Bintang (PBB) di daerah pemilihan (dapil) VIII Gayo Lues (Galus) dan Aceh Tenggara (Agara) benar-benar terhempas. Meski pada Pemilu Legislatig (Pileg) tahun 2014 lalu sempat mengirim kadernya ke DPRA, tetapi dalam Pileg kali ini perolehan suaranya di dua kabupaten itu justru anjlok.

Hasil perhitungan suara real count yang diakses Serambi di website Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (26/4) pukul 20.00 WIB, suara yang diraih PBB di Galus dan Agara bahkan tak mencapai 1 persen, dengan total hanya 259 suara. Dengan demikian, bisa dipastikan PBB Dapil VIII bakal kehilangannya kursinya di DPRA.

Untuk diketahui, jumlah total suara yang masuk di Galus hingga berita ini dibuat tadi malam sudah mencapai 88 persen, dari total 297 tempat pemungutan suara (TPS). Sedangkan di Agara, suara yang masuk sudah mencapai 51 persen dari total 707 TPS.

Selain PBB, partai lain yang juga akan kehilangan kursi di DPRA Dapil VIII adalah PAN. Berdasarkan data KPU, PAN di Galus hanya mampu meraup suara sebesar 1,21 persen, sedangkan di Agara 8,63 persen, dengan total sebanyak 6.056 suara.

Informasi yang didapat Serambi dari sumber terpercaya, PAN memang tidak termasuk dalam daftar lima partai peraih kursi di DPRA. Kelima partai dimaksud adalah Golkar, PKB, Demokrat, Hanura, dan Partai Aceh.

Dari Galus sendiri disebutkan sumber tersebut, kemungkinan hanya mengirim satu wakilnya ke parlemen Aceh yang diwakili oleh caleg PKB. Sedangkan empat sisanya berasal dari Agara. Kondisi tersebut sama persis seperti Pileg 2014 lalu. Bedanya, ketika itu putra Galus yang meraih kursi DPRA merupakan caleg Partai Aceh (PA).

“Dari lima kursi untuk DPRA Dapil VIII, empat kursi kemungkinan diraih oleh caleg dari Agara dan satu dari Galus yang berasal dari PKB,” sebutnya.

Menurut data real count KPU, Golkar berhasil meraup suara terbanyak di Dapil VIII, yakni sebanyak 20.951 suara, terdiri dari 15.640 suara dari Agara dan 5.301 suara dari Galus. Posisi kedua diisi oleh PKB sebanyak 20.681 suara, dimana sumbangan terbesar berasal dari Galus sebanyak 18.218 suara dan dari Agara hanya 2.463 suara.

Partai peraih suara terbanyak ketiga adalah Demokrat, yakni 12.060 suara, yang berasal dari Galus 6.640 suara dan Agara 5.420 suara. Suara partai besutan SBY ini nyaris berimbang di dua kabupaten tersebut.

Posisi keempat diraih Partai Hanura dengan 11.638 suara. Terbanyak berasal dari Agara yakni 10.832 suara, sedangkan dari Galus hanya 806 suara. Terakhir posisi kelima diraih Partai Aceh, sebanyak 11.129 suara. Perolehan suara partai lokal ini juga nyaris berimbang, sebanyak 2.740 suara berasal dari Galus dan 8.389 suara dari Agara.(c40/yos)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved