Pemkab Pidie Jaya Belajar Pengelolaan Sampah ke Jawa Timur. Ini Tujuannya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya (Pijay) selama tiga hari sejak 24 sampai 26 April mempelajari pengelolaan serta pengolahan sampah dari bahan

Pemkab Pidie Jaya Belajar Pengelolaan Sampah ke Jawa Timur. Ini Tujuannya
For Serambinews.com
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pidie Jaya, Syukri Itam SPd memperhatikan tumpukan sampah di pusat pasar Keputran, Surabaya, Jawa Timur untuk selanjutbya diolah menjadi pupuk kompos, Sabtu (27/4/2019).

Pemkab Pidie Jaya Belajar Pengelolaan Sampah ke Jawa Timur. Ini Tujuannya

 

Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya 

 

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya (Pijay) selama tiga hari sejak 24 sampai 26 April mempelajari pengelolaan serta pengolahan sampah dari bahan sayuran dan dedaunan di pusat pasar Keputran Surabaya, Jawa Timur. 

Baca: Bupati Aceh Singkil: Terima Kasih Pahlawan Aceh Singkil

Baca: Bupati Bireuen Buka MTQ ke-34, Ini Harapannya

Baca: New Carry Pick Up Hadir dengan Desain dan Dimensi Baru

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH),  Syukti Itam SPd kepada Serambinews.com,  Sabtu (27/4/2019) mengatakan,   kegiatan studi banding pengelolaan sampah dari bahan sayur dan dedaunan untuk menjadi kompos  ini sebagai langkah untuk memberdayakan potensi sebagai inkam pendapatan bagi daerah. 

"Apalagi selama ini hasil sampah dari sayuran dan dedaunan diberbagai pusat pasar di Pijay terbuang sia-sia padahal jika diolah secara profesional dapat menghasilkan pendapatan, "sebutnya. 

Dengan studi banding pengelolaan sampah menjadi  kompos (pupuk) di pusat pasar sayur Kota Surabaya,  Jawa Timur ini menjadi referensi ilmu-ilmu untuk dapat diterapkan di Pijay  dalam pengelolaan dan pengolahan sampah. 

Apalagi dalam setiap hari puluhan ton sampah sayur dari delapan pusat pasar di kecamatam selama ini dibuang percuma ke Tempat  Pembuangan Akhir (TPA) baik ke Langgien,  Bandar Baru  dan Blang Awee,  Kecamatan Meureudu.  

Maka dengan menggunakan ilmu terapan ini kelak nantinya di Pidie Jaya sudah memiliki unit pengelolaan sampah menjadi pupuk kompos yang menjadi sumber pendapatan bagi peningkatan perekonomian pemerintah dan warga setempat. (*) 

  

Penulis: Idris Ismail
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved