Wakil Wali Kota Langsa: Hutan Mangrove Benteng Bencana

Wakil Wali Kota Langsa, DR H Marzuki Hamid MM, mengatakan, vegetasi hutan mangrove berfungsi sebagai salah satu benteng bencana.

Wakil Wali Kota Langsa: Hutan Mangrove Benteng Bencana
Serambinews.com
DR H Marzuki Hamid MM bersama Forkopimda melakukan penanaman pohon bakau di kawasan pesisir Gampong Sungai Lueng, Sabtu (27/4/2019). 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Wakil Wali Kota Langsa, DR H Marzuki Hamid MM, mengatakan, vegetasi hutan mangrove berfungsi sebagai salah satu benteng bencana.

"Selain pohon dan akarnya sangat kuat, batang bakau yang merupakan salah satu tanaman di vegetasi hutan mangrove berfungsi sebagai benteng dari terjangan angin kencang, tsunami, dan abrasi pantai," kata H Marzuki Hamid, saat membuka Festival Mangrove yang digelar Disbudpar Aceh, Sabtu (27/4/2019) di Gampong Sungai Lueng, Kecamatan Langsa Timur.

Dikatakan Wakil Wali Kota, mudah-mudahan Festival Mangrove ini bermanfaat bagi masyarakat, dan semakin tingginya kesadaran masyarakat menyelamatkan mangrove khususnya di Kota Langsa

Pemko Langsa juga mengapresiasikan Pemerintah Aceh melalui Disbudpar yang telah melaksanakan event Festival Mangrove ini di Kota Langsa, yang bertujuan penyelamatan hutan mangrove.

Festival Mangrove ini dimeriahkan berapa acara lomba maupun pementasan seni budaya. Di antaranya lomba tradisional race boat nelayan Langsa dan kabupaten sekitarnya, lomba desain logo mangrove khusus peserta dari Langsa.

Lalu, melayu kontemporer singer untuk Langsa dan sekitarnya, penampilan seni dari talent-talent lokal meliputi seni perkusi, band etnik tradisi, tarian Aceh, rapa'i, dan seurune kalee.

Kemudian tak kalah menarik, masyarakat dihibur dengan penampilan artis lokal Aceh, Rialdoni, yang membawakan lagu 'rindu, ‘dara gampong’, dan lainnya'.

DR H Marzuki Hamid MM, Kepala Disbudpar Aceh diwakili Kasi Bidang Bahasa dan Seni, Syahrul Arbi, bersama Forkopimda lainnya juga melakukan penanaman pohon bakau sebanyak 2.000 batang di kawasan pesisir Gampong Sungai Lueng.(*)

Baca: Antisipasi Penyakit Ngorok, Pijay Vaksin 1.200 Ekor Sapi dan Kerbau

Baca: Tanggal 1 Mei 2019, Indonesia Menjabat Sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB

Baca: Steve Emmanuel Terancam Hukuman Mati, Diduga 10 Tahun Terlibat Jaringan Narkoba Internasional

Penulis: Zubir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved