Kutablang Paling Banyak Peserta MTQ

MTQ ke-34 tingkat Kabupaten Bireuen diikuti 580 peserta yang ditambah official untuk berkompetisi dalam sejumlah

Kutablang Paling Banyak Peserta MTQ
SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS
SEORANG peserta MTQ ke- 34 Bireuen, Sabtu (27/4), tampil di panggung utama halaman Masjid Agung Bireuen. 

BIREUEN - MTQ ke-34 tingkat Kabupaten Bireuen diikuti 580 peserta yang ditambah official untuk berkompetisi dalam sejumlah cabang lomba. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bireuen H Saifannur SSos, Jumat (26/4).

Dari 17 kecamatan, Kutablang paling banyak mengirim pesertanya, berjumlah 53 orang ditambah official tiga orang. Sedangkan kecamatan paling minim peserta adalah Kecamatan Makmur Bireuen, hanya mengirim 18 peserta ditambah tiga official. Sementara juara umum dua tahun lalu Gandapura mengirim 44 peserta.

Camat Kutablang Bireuen, Mukhsin SAg kepada Serambi, Sabtu (27/4), mengatakan, para peserta yang dikirim merupakan hasil seleksi dan mengikuti seluruh cabang yang dilombakan dengan harapan meraih juara umum. “Kalau MTQ dua tahun lalu, utusan Kutablang meraih urutan kesembilan. Tahun ini tim berharap meraih juara umum,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Makmur, Azmi SAg kepada Serambi, mengatakan, jumlah peserta yang dibawa memang tidak banyak, yaitu 18 orang. Sebanyak 18 orang tersebut benar-benar memiliki kemampuan untuk mengikuti lomba dan berharap meraih nilai terbaik. Peserta lomba merupakan putra-putri terbaik dari Makmur. “Dua tahun lalu, utusan Makmur berada di urutan pertengahan. Tahun ini berharap menjadi terbaik dan memperbaiki posisi, ” ujarnya.

Sementara itu, Kecamatan Gandapura yang pada MTQ ke-33 dua tahun lalu berhasil meraih juara umum, tahun ini mengirim 47 peserta. Ada cabang yang tidak dikuti karena ketiadaan peserta. “Tekad tim Gandapura mampu meraih posisi terbaik dalam MTQ kali ini. Targetnya juara umum lagi,” ujar Camat Gandapura, Ibrahim SSos.

Bupati Bireuen H Saifannur SSos saat membuka MTQ mengatakan, pelaksanaan MTQ mengemban misi yang sangat mulia sekaligus strategis, yaitu menguatkan pembangunan akhlak bangsa, juga menjadi wahana mencetak generasi qurani, yaitu generasi yang mencintai isi dan kandungan Alquran.

Bupati mengharapkan pelaksanaan MTQ juga dapat menyeleksi duta-duta Bireuen untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi dalam waktu dekat. Dia juga berharap dewan hakim hendaknya memberikan penilaian objektif.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved