Rekap Suara Sudah ke Kabupaten/Kota

Pelaksanaan rekapitulasi suara hasil pencoblosan 17 April 2019 sudah selesai di tingkat kecamatan

Rekap Suara Sudah ke Kabupaten/Kota
SERAMBI/MASRIZAL
KETUA KIP Banda Aceh, Indra Milwady bersama komisoner memimpin rapat pleno rekapitulasi dan penetepan suara hasil pencoblosan pada Pemilu 2019 di Hall Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Sabtu (27/4). 

BANDA ACEH - Pelaksanaan rekapitulasi suara hasil pencoblosan 17 April 2019 sudah selesai di tingkat kecamatan. Kini, perhitungan berlanjut ke tingkat kabupaten/kota. Di Banda Aceh, KIP setempat melaksanakan rekapitulasi dan penetapan suara di Hall Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh selama dua hari dari Sabtu-Minggu (27-28/4).

Amatan Serambi, komisioner KIP Banda Aceh membuka satu persatu kotak suara dari setiap kecamatan. Mereka menghitung ulang hasil rekapitulasi yang sudah dilakukan di tingkat kecamatan. Surat suara yang pertama dihitung adalah surat suara calon presiden dan wakil presiden RI, kemudian DPR RI, DPD RI, DPRA, dan DPRK.

Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady mengatakan proses rekapitulasi itu disaksikan oleh anggota Panwaslih Banda Aceh, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), serta saksi dari masing-masing partai politik (parpol) dan calon anggota DPD RI. Kegiatan itu turut dikawal oleh aparat keamanan yang bersiaga di luar dan dalam gedung.

“Kita kumpulkan semua hasil rekapitulasi suara dari semua PPK. Kemudian kita membacakan form DA1 dari setiap kecamatan. Hasilnya nanti akan menjadi from DB1 untk Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRA, dan kita kelaurkan lima DB (berita acara penerimaan hasil pemungutan dan penghitungan suara) untuk lima dapil di Banda Aceh,” katanya.

Indra mengatakan, pihaknya hanya ada waktu dua hari untuk menuntaskan rekapitulasi dan penetapan suara hasil pencoblosan. Dia berharap tidak ada kendala berarti dalam proses rekap tersebut. “Mudah-mudahan dua hari selesai. Rekap ini dilakukan secara meraton, kita tidak berhenti kalau tidak perlu berhenti,” ungkap dia.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved