Dinkes Singkil Deklarasi ‘Stop BAB Sembarangan’

Kesehatan lingkungan masih menjadi masalah utama di Kabupaten Aceh Singkil. Kondisi itu menjadi penyebab penyakit

Dinkes Singkil Deklarasi ‘Stop BAB Sembarangan’
DOK DINKES ACEH
Baksos TBC Day yang di selenggarakan Program Studi Dokter spesialis Paru Unsyiah/RSUD ZA, PDPI dan Dinkes Aceh di Puskesmas Mesjid Raya Krueng Raya, Aceh Besar, Sabtu (23/3/2019). 

SINGKIL - Kesehatan lingkungan masih menjadi masalah utama di Kabupaten Aceh Singkil. Kondisi itu menjadi penyebab penyakit menular masih terjadi di daerah itu, seperti diare, demam berdarah, cacingan, dan penyakit kulit.

Bahkan, untuk penyakit kulit, Aceh Singkil masuk sepuluh besar, begitu juga dengan demam berdarah masih ada wilayah endemik. Untuk meminimalisir hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Singkil melakukan gebrakan via deklarasi ‘Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan’.

“Kesehatan lingkungan memang masih menjadi masalah besar di daerah kita, padahal itu dapat menyebabkan munculnya penyakit menular. Makanya, kita deklarasi ‘Stop Buang Air Besar Sembarangan’ untuk membiasakan masyarakat menjaga kesehatan lingkungannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aceh Singkil, Edi Widodo saat deklarasi tersebut di Lapangan Meriam Sipoli, Gunung Meriah, Minggu (28/4).

Menurut Edi Widodo, gerakan ‘Stop Buang Air Besar Sembarangan’ itu sebagai upaya meningkatkan kesehatan lingkungan. Kampanye tersebut, ujarnya, mendapat sokongan Unicef dan diikuti lima desa dari 13 gampong yang telah mengikuti program akses jamban sehat. Kelima desa yang mendeklarasikan kampanye itu masing-masing Desa Telaga Bhakti, Tulaan, Blok 31, Blok VI Baru, dan Desa Lipat Kajang.

Sementara itu, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid mengatakan, deklarasi itu merupakan salah satu upaya mewujudkan visi misinya di bidang kesehatan. Ia mengapresiasi lima desa yang telah berhasil mengakses jamban sehat sehingga bisa mendeklarasikan gerakan ‘Stop BAB Sembarangan’ tersebut.
Dulmusrid berharap, deklarasi yang dilakukan lima desa itu bisa ditiru desa lainnya, sehingga kesehatan lingkungan dapat terjaga di seluruh gampong yang ada di Aceh Singkil.(de)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved