Disdik Usul Dana BOS Naik Setiap Tahun

Dinas Pendidikan (Disdik) Nagan Raya mengharapkan kepada pemerintah pusat agar dana bantuan operasional sekolah (BOS)

Disdik Usul Dana BOS Naik Setiap Tahun
Ilustrasi 

SUKA MAKMUE - Dinas Pendidikan (Disdik) Nagan Raya mengharapkan kepada pemerintah pusat agar dana bantuan operasional sekolah (BOS) bisa dinaikkan setiap tahunnya. Sebab, semua kebutuhan untu pendidikan selalu naik setiap tahun, demikian juga dengan jumlah siswa yang terus bertambah.

“Bantuan dana BOS diberikan sesuai dengan jumlah siswa. Seperti di tingkat SMP Rp 1 juta per siswa setiap tahun, SD Rp 800 ribu, dan untuk tingkat PAUD Rp 600 ribu per siswa setiap tahunnya,” jelas Dr Harbiyah Gani, Kadis Pendidikan Nagan Raya kepada Serambi, Minggu (28/4).

Ia menambahkan, dana BOS tersebut digunakan untuk kepentingan sekolah seperti kebutuhan peralatan belajar di sekolah, listrik, air, dan kepentingan lainnya, sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang sudah ditentukan. Kondisi tersebut, menurutnya, perlu ada perhatian dari pemerintah pusat, terutama dengan dengan perkembangan yang terjadi setiap tahunnya, baik itu kenaikan harga perlatan sekolah dan bertambahnya siswa.

Diterangkan dia, secara umum program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka pembelajaran yang bermutu. Sehingga, tujuan khusus BOS pada jenjang pendidikan dasar adalah membebaskan pungutan bagi seluruh siswa di sekolah negeri, serta membebaskan pungutan seluruh siswa miskin dalam bentuk apapun, baik di sekolah negeri maupun swasta, dan meringankan beban biaya operasi sekolah bagi siswa di sekolah swasta.(c45)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved