PAN, PKS, PD Dapat Lima Kursi

Tiga partai politik (parpol) berhasil meraup suara terbanyak dalam pemilu legislatif (pileg) 2019 kemarin

PAN, PKS, PD Dapat Lima Kursi
IST
Perolehan sementara Kursi DPRA

* Di DPRK Banda Aceh
* Partisipasi Pemilih 78,6 Persen

BANDA ACEH - Tiga partai politik (parpol) berhasil meraup suara terbanyak dalam pemilu legislatif (pileg) 2019 kemarin. Diperkirakan ketiganya akan meraih lima kursi di DPRK Banda Aceh, yaitu PAN, PKS, dan Partai Demokrat (PD).

Perkiraan tersebut didasarkan pada rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara sementara tingkat Kota Banda Aceh. Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady mengatakan, proses rekapitulasi yang telah berlangsung sejak sejak Sabtu (27/4) telah berakhir Minggu (28/4) kemarin sekitar pukul 05.00 WIB.

Rekap penetapan hasil penghitungan perolehan suara ini disebutkannya, menetapkan hasil perolehan suara calon Presiden dan Wakil Presiden, calon anggota DPD, dan Calon Anggota DPRK Banda Aceh.

Khusus untuk DPRK Banda Aceh disebutkannya, penetapan perolehan kursi baru akan dilakukan pasca-penetapan rekap perolehan suara di KPU RI dan penyelesaian sengketa bila memang ada. Namun berdasarkan hasil perolehan suara, Indra memperkirakan ada tiga partai yang akan mendapatkan lima kursi di DPRK.

“Ada tiga partai yang akan memperoleh lima kursi, yaitu PAN, PKS, dan Partai Demokrat,” sebutnya kepada Serambi, Minggu (28/4), malam.

Sedangkan partai lainnya seperti Gerindra akan memperoleh empat kursi, diikuti Golkar tiga kursi, Nasdem tiga kursi, Partai Aceh dua kursi, PNA satu kursi, dan PPP satu kursi.

Namun Indra menegaskan, angka perolehan kursi itu merupakan perkiraan berdasarkan hasil pleno rekap penghitungan suara. “Bisa berubah bila ada sengketa/gugatan. Resminya nanti setelah masa gugatan berakhir baru kita pleno penetapan perolehan kursi,” ujar Indra Milwady.

Calon DPD
Sementara untuk calon anggota DPD, suara terbanyak disebutkan Indra, masing-masing diraih oleh Sudirman atau Haji Uma sebanyak 37.952 suara, disusul oleh HM Fadhil Rahmi Lc 19.560 suara, Drs H Ghazali Abbas Adam 10.526 suara, H Anwar Ahmad 4.856 suara, dr Irsalina Husna Azwir SH 4.703 suara, dan dr Ir H Abdullah Puteh 4.653 suara.

Sedangkan untuk perolehan suara calon Presiden dan Wakil Presiden, masing-masing untuk pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf sebesar 15.103 suara dan pasangan 02 Prabowo-Sandiaga Uno sebesar 106.872 suara. Suara tidak sah sebanyak 1.872 suara.

“Dengan jumlah total sebanyak 123.847 pemilih dari DPT sebesar 157.421, maka partisipasi pemilih sebesar 78,6 persen ini melebihi target nasional yang sebesar 77,5%, dan terbesar sepanjang sejarah Pemilu di Kota Banda Aceh,” demikian Ketua Ketua KIP Kota Banda Aceh.(yos)

perolehan kursi sementara
- PAN 5 kursi
- PKS 5 kursi
- Partai Demokrat 5 kursi
- Gerindra 4 kursi
- Golkar 3 kursi
- NasDem 3 kursi
- Partai Aceh 2 kursi
- PNA 1 kursi
- PPP 1 kursi

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved