Tiga Cabang di MTQ Bireuen Minim Peserta

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 Tingkat Kabupaten Bireuen tahun ini memperlombakan delapan cabang

Tiga Cabang di MTQ  Bireuen Minim Peserta
Serambi
Panggung utama MTQ ke-34 Bireuen sedang dipersiapkan di halaman sebelah selatan Masjid Agung Bireuen. SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS 

BIREUEN - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 Tingkat Kabupaten Bireuen tahun ini memperlombakan delapan cabang. Dari jumlah tersebut, tiga cabang di antaranya minim peserta karena berbagai sebab. Adapun total pesertanya sebanyak 580 yang bersal dari 17 kecamatan yang ada di kabupaten itu.

“Sebagian kecamatan mengikuti semua cabang, tapi ada juga kecamatan yang hanya mengikuti enam cabang karena pesertanya terbatas,” ujar Kadis Syariat Islam Bireuen, Jufliwan SH MM kepada Serambi, Minggu (28/4).

Data diperoleh Serambi, cabang yang minim peserta yaitu cabang Musabaqah Hadist Arbain (MHA) atau musabaqah Alhadist hanya diikuti lima peserta, cabang tafsir hanya 10 peserta, dan cabang Musabaqah Makalah Quran hanya 18 peserta. Sementara cabang tilawah diikuti 129 peserta, qiraat sabaah 66 peserta, cabang hafiz 63 peserta, dan cabang fahmil diikuti 34 regu (102 orang), syarhil Quran 33 regu (99 orang) dan cabang khattil quran 86 peserta.

Jufliwan menjelaskan, MHA merupakan cabang eksebisi dan baru diperlombakan dalam MTQ tingkat Kabupaten Bireuen tahun ini. Ditanya enyebab minimnya peserta di beberapa cabang lomba, Jufliwan mengatakan, penyebabnya berbagai macam. “Ada kecamatan yang pesertanya belum mampu mengikuti lomba itu dan ada juga yang memang belum ada peserta sama sekali. Begitu juga cabang tafsir, pesertanya terbatas, sedangkan cabang hifzil Quran pesertanya memadai,” jelasnya.

Pantauan Serambi, kemarin, pelaksanaan hari ketiga MTQ Bireuen di sejumlah lokasi berjalan lancar mulai pagi hingga malam. Seperti di Meunasah Kulah Batee, Kecamatan Kota Juang, sebagai tempat perlombaan cabang tartil, tahfiz, tafsir, dan syarhil Quran.(yus)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved