40 Gampong Rampungkan APBG

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Barat menyatakan jumlah gampong yang sudah merampungkan APBG tahun 2019

40 Gampong Rampungkan APBG
SERAMBI/M NAZAR
Bupati Pidie, Roni Ahmad atau Abusyik menyerahkan pagu indikatif dana gampong yang total Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) tahun 2019 sekitar Rp 612,78 miliar diterima keuchik di GOR Alun-alun Sigli, Selasa (12/2). 

MEULABOH - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Barat menyatakan jumlah gampong yang sudah merampungkan APBG tahun 2019 sudah mencapai 40 buah. Dari 40 gampong tersebut itu, sekitar 20 di antaranya sudah melakukan pencairan ke rekening gampong yang ditransfer dari kas Pemkab.

Plt Kepala DPMG Aceh Barat, Jufri SH kepada Serambi, Senin (29/4) mengatakan, pihaknya terus memacu penyelesaian APBG sehingga anggarannya bisa segera cair. “Kami kembali mengimbau desa-desa untuk segera menyelesaikan APBG-nya. Di Aceh Barat ini ada 322 desa,semua harus rampung,” harapnya.

Jufri mengatakan, dengan cairnya dana gampong tersebut maka gaji aparatur desa dapat segera dibayarkan. Selain itu, program-program yang sudah ditetapkan dalam APBG tahun 2019 dapat segera direalisasikan di masing-masing desa.

Saat ditanya soal dana Rp 50 juta yang diplot pada masing-masing desa untuk kegiatan pasar murah, Kepala DPMG Aceh Barat menyebut pihak desa yang berwenang dalam dalam mengusulkannya. “Soal dana itu yang disebutkan untuk mensubsidi daging meugang di desa akan dilihat lagi dulu,” kata Jufri.

Sementara beberapa keuchik di Aceh Barat mempertanyakan soal pasar murah yang diplot tahun 2019, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) dalam menyusun APBG. Tahun 2018 lalu sejumlah desa mensubsidi kebutuhan daging meugang yang dijual murah kepada masyarakat. Namun ada juga yang menggelar pasar murah seperti mensubsidi sembako. “Kami berharap ada kepastian. Apa boleh mensubsidi kebutuhan penjualan daging meugang atau tidak,” kata Amiruddin, keuchik di Kecamatan Arongan Lambalek.(riz)

Tags
APBG
pemkab
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved