Mulai Hari Ini Pelunasan BPIH

Mulai hari ini, Selasa (30/4), pemerintah akan membuka pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) atau ongkos haji tahap kedua

Mulai Hari Ini Pelunasan BPIH
For Serambinews.com
Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh, Kasubdit Bimbingan Jamaah Haji Kemenag RI H Arsyad Hidayat Lc MA, Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Kemenag RI Akhmad Jauhari, dan Kabid PHU Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi SSi, memberi materi pada Jamarah yang digelar Minggu (16/12/2018). 

* Untuk Tahap II

BANDA ACEH - Mulai hari ini, Selasa (30/4), pemerintah akan membuka pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) atau ongkos haji tahap kedua. Pelunasan ongkos haji itu berlangsung selama 11 hari hingga Jumat (10/5).

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi, dalam keterangan resmi yang diterima Serambi, Senin (29/4) menyampaikan, pelunasan BPIH tahap kedua ini diprioritaskan bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Aceh yang mengalami kegagalan proses pelunasan tahap pertama akibat gangguan jaringan Siskohat atau Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH.

Selain itu, CJH yang sulit dihubungi karena hambatan komunikasi dan geografis, serta yang belum melakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua atau sudah melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun datanya belum dientri oleh Dinas Kesehatan atau Kementerian Kesehatan.

“Selain itu, ada juga yang menunda berangkat dan meninggal. Namun ada juga yang tidak melakukan istithaah kesehatan. Padahal isthitaah adalah syarat utama untuk pelunasan BPIH yang dilakukan di puskesmas tempat domisili,” jelasnya.

Ia menambahkan, tahap kedua ini juga diprioritaskan kepada CJH yang masuk pada tahap pertama, namun berstatus tidak istithaah sementara, dan pada saat menjelang pelunasan tahap kedua ditetapkan sudah memenuhi istithaah kesehatan.

Pelunasan tahap kedua ini dilakukan pada sejumlah BPS BPIH penerima setoran lunas di Aceh yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Mega Syariah, Bank Muamalat, Bank Aceh Syariah, dan BTN Syariah.

Aceh Gelombang Kedua
Kepala Bidang (Kabid) PHU Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi menyebutkan, musim haji tahun ini, CJH Aceh masuk jadwal keberangkatan gelombang kedua. Yaitu berangkat dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar langsung ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

“Kelompok terbang (kloter) pertama mulai masuk Asrama Haji Embarkasi Aceh pada 23 Juli, dan bertolak ke Tanah Suci pada 24 Juli malam,” katanya.

Sesuai dengan Berita Acara Jadwal Keberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Reguler Aceh yang ditandatangani Dirjen PHU, PT Garuda Indonesia, dan Saudi Airlines, di Jakarta, pada Kamis (12/4), untuk kloter 1 hingga 12 menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airlines dengan jumlah tiap kloter sebanyak 393 seat.(una)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved