PA Menang di 5 Dapil

Partai Aceh (PA) berhasil memetik kemenangan dengan suara terbanyak di lima dari sepuluh daerah pemilihan (dapil) se-Aceh

PA Menang di 5 Dapil
Info Pemilu 2019/kpu.go.id
Partai Aceh (PA) masih menguasai perolehan suara terbanyak di DPRA menurut data real count Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

* Perkiraan Sudah Dapat 25 Kursi

BANDA ACEH - Partai Aceh (PA) berhasil memetik kemenangan dengan suara terbanyak di lima dari sepuluh daerah pemilihan (dapil) se-Aceh. Berdasarkan data yang diperoleh Serambi dari sumber terpercaya, hasil itu masih sementara atau sekitar 49.86 persen dari total suara masuk.

Kelima dapil yang berhasil dimenangi PA tersebut tersebar di dapil I (Banda Aceh, Aceh Besar, dan Sabang), dapi II (Pidie, Pidie Jaya), dapil V (Aceh Utara, Lhokseumawe), dapil VI (Aceh Timur), dan dapil IX (Aceh Selatan, Singkil, Subulussalam, dan Aceh Barat Daya).

Dari lima kantong suara yang diraih partai pimpinan Muzakir Manaf alias Mualem itu, di dapil I berhasil meraup 61.642 suara, dapil II sebanyak 36.318 suara, dapil V sebanyak 121.992 suara, dapil VI sebanyak 46.277 suara, dan dapil IX meraih 13.590 suara.

Sekretaris Jenderal PA, Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak mengklaim pihaknya telah mengantongi sekitar 24 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Tetapi sumber versi lain menyebutkan, PA hanya meraih 18-19 kursi.

Namun, prediksi itu masih bisa berubah karena saat ini proses rekapitulasi masih berlangsung di tingkat kecamatan. “Untuk sementara (PA meraih) lebih kurang 24-25 kursi, tapi ini belum final karena belum semua suara masuk,” katanya kepada Serambi beberapa waktu lalu.

Sedangkan di dapil lain dimenangi oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai ini berhasil meraup suara terbanyak di dua dapil di daerahDataran Tinggi Gayo, yaitu dapil IV (Aceh Tengah, Bener Meriah) dengan 30.668 suara dan dapil VIII (Aceh Tenggara, Gayo Lues) dengan 14.011 suara.

Selanjutnya, Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Gerindra, dan Partai Demokrat, masing-masing memenangi di satu dapil. PNA menang di dapil III (Bireuen) dengan 31.533 suara. Gerindra menang di dapil VII (Langsa, Aceh Tamiang) dengan 20.657 suara, dan Demokrat menang di dapil X (Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Jaya, dan Simeulue) dengan 23.494 suara.

Parpol lain
Meski tidak menang pada salah satu dapil, tapi sejumlah partai politik (parpol) lain juga meraup suara merata di setiap dapil. Beberapa parpol malah berhasil meraih suara tertinggi di atas 20.000 bahkan mencapai 40.000lebih. Angka itu diraih dalam satu dapil.

Partai Amanat Nasional (PAN), misalnya, berhasil meraup 40.126 suara di dapil I, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meraih 32.832 suara di dapil I, Partai Golkar meraih 25.147 suara di dapil I, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meraih 25.787 di dapil V.

Partai SIRA sebagai pendatang baru juga pantas berbahagia. Partai yang dipimpin Muhammad Nazar, mantan wakil gubernur Aceh ini, mampu meyakinkan masyarakat sehingga meraih 20.535 di dapil V, dan terakhir Partai Daerah Aceh (PDA) meraih 26.800 di dapil I. (mas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved