Meugang di Abdya Jatuh Hari Sabtu, Ratusan Ternak Kerbau dan Sapi Disembelih 

Hari Meugang merupakan sebuah tradisi turun termurun menyambut bulan Suci Ramadhan atau bulan puasa di kalangan masyarakat Aceh,

Meugang di Abdya Jatuh Hari Sabtu, Ratusan Ternak Kerbau dan Sapi Disembelih 
IST
Pedagang di lapangan bola kaki Manggeng, Abdya, memasar daging pada hari Meugang Idul Adha 1439 H, Selasa (21/8/2018). Harga daging kerbau dan sapi mencapai Rp 200.000 per kg 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Hari Meugang merupakan sebuah tradisi turun termurun menyambut bulan Suci Ramadhan atau bulan puasa di kalangan masyarakat Aceh, terutama di wilayah Pantai Barat Selatan.  

Pelaksanaan hari meugang ditadai kegiatan penyembelihan ternak kerbau dan sapi dalam jumlah besar oleh para pedagang untuk dijual memenuhi kebutuhan daging yang melonjak drastis pada hari meugang.

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H/2019 M, Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), menetapkan hari meugang jatuh pada hari Sabtu, tanggal 4 Mei 2019.

Penetapan hari meugang bulan puasa tahun ini (2019) berdasarkan Surat Edaran Bupati Abdya Nomor; 450/544/2019 tanggal 29 April 2019.

Surat Edaran yang diteken Wakil Bupati (Wabup) Abdya, Muslizar MT ditujukan kepada camat di sembilan kecamatan setempat sejak Babahrot sampai Lembah Sabil.  

Selain menjelaskan penetapan hari meugang, Surat Edaran Bupati Abdya menjelaskan jadwal ketetapan 1 Ramadhan (hari pertama puasa) berpedoman pada keputusan Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Agama RI.  

Baca: Disnak Ingatkan Peternak Periksa Kesehatan Sapi yang akan Dipotong untuk Meugang

Para Camat diminta untuk mengimformasikan Surat Edaran tersebut kepada seluruh masyarakat di wilayah kerja masing-masing. 

Surat Edaran dimaksud ditembuskan kepada Ketua DPRK, Dandim 0110, Kapolres, Kajari, Ketua MPU, Ketua MAA, Ketua MPD, Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, Kepala Distanpan dan Kepala Satpol PP dan WH Abdya.

Dari informasi diperoleh Serambinews.com bahwa Organisasi Muhammaddiyah di Kabupaten Abdya sudah dipastikan akan melaksanakan awal puasa (Ramadhan) pada hari Senin, tanggal 6 Mei 2019.

Halaman
12
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved