Petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Tengah Periksa Ternak Meugang Puasa

Petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Tengah, akan disebar ke seluruh kecamatan di daerah itu,

Petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Tengah Periksa Ternak Meugang Puasa
SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Penjual daging meugang di Takengon. 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Tengah, akan disebar ke seluruh kecamatan di daerah itu, untuk memeriksa kondisi ternak yang akan disembelih pada meugang bulan Ramadhan 1440 hijriah.

Pemeriksaan tersebut, untuk memastikan kondisi ternak dalam kondisi baik sehingga dagingnya aman dikonsumsi warga.

Kepala Seksi (Kasi) Keswan, Dinas Pertanian dan Peternakan, Kabupaten Aceh Tengah, drh Iwan Firdaus kepada Serambi Rabu (1/5/2019) mengatakan, jumlah ternak yang akan disembelih menjelang bulan puasa, biasanya tidak sebanyak pada megang menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

“Meski begitu, pemeriksaan akan tetap dilakukan,” kata Iwan Firdaus.

Dia sebutkan, setiap menjelang megang puasa maupun hari raya, pemotongan hewan bukan hanya dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH), tetapi ada juga dilakukan di beberapa kampung di kecamatan-kecamatan.

Baca: Meugang di Abdya Jatuh Hari Sabtu, Ratusan Ternak Kerbau dan Sapi Disembelih 

Baca: Disnak Ingatkan Peternak Periksa Kesehatan Sapi yang akan Dipotong untuk Meugang

Baca: Jelang Meugang, Harga Bumbu Dapur di Tapaktuan Mulai Naik

“Makanya, sebelum daging dikonsumsi harus diperiksa dulu. Apakah mengandung penyakit atau tidak. Masyarakat kan tidak tahu, bila tidak diperiksa,” sebutnya. 

Salah satu contoh, lanjut Firdaus, bila hasil pemeriksaan ditemukan adanya cacing hati pada ternak yang disembelih, agar hati ternak tidak untuk dikonsumsi atau dijual karena mengandung cacing.

“Bukan hanya cacing hati saja, tetapi pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh terhadap kondisi daging. Apakah aman untuk dikonsumsi, atau tidak,” jelas Firdaus.

Diperkirakan, jumlah ternak yang akan disembelih pada musin megang puasa tahun ini, hanya berkisar puluhan ekor yang didominasi ternak kerbau dan sapi. Ternak-ternak tersebut, akan disembelih dua hari menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H.

“Nanti, pemeriksaan mulai dilakukan sejak tgl 4 hingga 5 April 2019. Sasarannya, selain di lokasi pasar daging, juga di sejumlah kecamatan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Mahyadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved