Kemenag Mulai Godok Kloter Haji Aceh, Penyusunan Berbasis Zonasi Jamaah

Dalam penyusunan kloter tahun ini, polanya berbasis wilayah atau zonasi. Selama berada di Mekkah, CJH Aceh akan ditempatkan di Syisyah.

Kemenag Mulai Godok Kloter Haji Aceh, Penyusunan Berbasis Zonasi Jamaah
Serambinews.com
JAMAAH Calon Haji (JCH) Aceh tahun 2018. 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh melaksanakan kegiatan Konsolidasi Penyusunan dan Pemantapan Kloter Embarkasi Aceh (BTJ) tahun 1440 H/2019 M yang berlangsung 1-3 Mei 2O19 di Hotel Grand Permata Hati, Banda Aceh.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh, H Saifuddin SE menyebutkan, proses penyusunan kloter tahun ini mengalami perbedaan dengan tahun sebelumnya. 

"Terdapat perbedaan yang signifikan dalam penyusunan kloter tahun ini, dimana polanya berbasis wilayah atau zonasi," terang Saifuddin.

Mengenai detil pola penyusunan kloter berbasis wilayah akan dibahas pada materi kegiatan tersebut, yang akan diisi oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri dan Kasubdit Tranportasi dan Perlindungan Jemaah.

Ia juga mengatakan, musim haji tahun ini, seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) Aceh selama berada di Mekkah ditempatkan di Syisyah.

Wilayah tersebut terdiri atas beberapa sektor dengan jarak ke Masjidil Haram 2.855 meter atau 3 kilometer.

Untuk informasi, tahun ini pemerintah menetapkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) untuk Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Aceh (BTJ) tahun 1440H/2019M sebesar Rp30.881.010. 

Sedangkan besaran BPIH untuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) adalah Rp66.645.504. 

Selain itu, Aceh juga mendapatkan 258 kuota haji tambahan. dari jumlah tersebut 129 Kuota diperuntukkan bagi CJH reguler dan 129 lagi untuk CJH lansia dan pendamping.(*)

Baca: Kutuk Kekerasan Terhadap Jurnalis di Bandung, Awak Media di Aceh Singkil Unjuk Rasa

Baca: Enam Partai Politik di Aceh Singkil tak Laporkan Dana Kampanye

Baca: Korban Pembunuhan di Bener Meriah Ternyata Warga Asal Aceh Utara, Honda CB 150R belum Ditemukan

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved