Pertamina Tambah 8.400 Elpiji 3 Kg

Untuk memenuhi lonjakan permintaan tabung gas elpiji 3 kg selama bulan Ramadhan, Pertamina Banda Aceh

Pertamina Tambah 8.400 Elpiji 3 Kg
IST
AWAN RAHARDJO, Pimpinan Cabang Pertamina Banda Aceh

* Selama Ramadhan

BANDA ACEH - Untuk memenuhi lonjakan permintaan tabung gas elpiji 3 kg selama bulan Ramadhan, Pertamina Banda Aceh berencana menambah 8.400 tabung gas bersubsidi itu ke seluruh pangkalan yang ada di Aceh.

“Kalau pada hari biasa tabung gas elpiji 3 kg yang disalur sebanyak 278 metrik ton/hari, selama bulan puasa menjadi 303 metrik ton, bertambah 25 metrik ton atau sekitar 9 persen (8.400 tabung) dari hari biasa,” kata Pimpinan Cabang Pertamina Banda Aceh, Awan Rahardjo, dalam pertemuan dengan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Mahdinur, yang didampingi Kabid Migas, Darma, dan staf di Ruang Rapat Kadis ESDM Aceh, Selasa (30/4).

Penambahan suplai ke pangkalan elpiji 3 kg itu dilakukan supaya masyarakat miskin yang membutuhkan gas elpiji selama bulan Ramadhan mudah mendapatkannya sesuai HET sebesar Rp 18.000/tabung.

Awan Rahardjo berharap penambahan suplai harian tersebut tepat sasaran, khususnya untuk dinikmati masyarakat miskin. Namun demikian, Pimpinan Cabang Pertamina Banda Aceh itu meminta aparat keamanan dan masyarakat di kabupaten/kota dapat mengawasi dalam pendistribusiannya.

Awan Rahardjo mengaku tidak berharap gas bersubsidi itu justru banyak beredar di kios-kios dan toko bangunan. Jika itu yang terjadi, harganya pasti akan melambung tinggi, bisa menjadi Rp 25.000-30.000/tabung. “Jika itu yang terjadi, masyarakat penerima gas elpiji 3 kg yang sangat dirugikan, bersama negara yang memberikan subsidi,” ujar Awan Rahardjo.

Stok tabung gas elpiji 3 kg di 8 SPBE yang terdapat di Aceh, kata Awan Rahardjo, saat ini masih cukup banyak, sebesar 89.851 metrik ton atau cukup untuk pendistribusian satu minggu ke depan. Stok elpiji itu setiap hari terus ditambah ke 8 SPPBE yang ada di Aceh, termasuk di Indrapuri, Aceh Besar. Penambahan suplai elpiji akan dilakukan lagi menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah sebanyak 3 persen atau 2.780 tabung. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat miskin mudah mendapatkan gas elpiji 3 kg itu dengan harga sesuai HET.

Kepala Dinas ESDM Aceh, Mahdinur, yang didampingi Kabid Migas, Darma, mengatakan, pihaknya mengundang Pertamina ke kantor ESDM Aceh untuk membahas persediaan tabung gas elpiji 3 kg dan BBM bersubsidi untuk persediaan memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri pada 5-6 Juni mendatang.

Kata Mahdinur, pihaknya sudah mendapatkan penjelasan dari pertamina bahwa BUMN itu sudah menyiapkan pasokan gas elpiji 3 kg itu secara matang, termasuk strategi bila terjadi kelangkaan dan bencana alam.

Dalam rapat dengan pertamina, ESDM Aceh meminta laporan dan data pendukung persiapan pendistribusian elpiji dan BBM jelang pusa dan Idul Fitri. Data itu dibutuhkan untuk pengawasan di lapangan pada minggu pertama dan ketiga puasa. Mahdi juga berharap pendistribusiannya tepat sasaran. “Begitu juga tambahan elpiji 3 kg menjelang Idul Fitri sebanyak 3 persen atau 2.780 tabung, dapat memberikan manfaat bagi rakyat Aceh,” ujar Mahdinur.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved