Aceh Fokus Tingkatkan SDM

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, Pemerintah Aceh saat ini fokus

Aceh Fokus Tingkatkan SDM
IST
PLT Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama istri dan Kadis Pendidikan Aceh, Syaridin, menyalami para siswa pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019, di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Kamis (2/5). 

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, Pemerintah Aceh saat ini fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM). Peningkatan kualitas SDM dinilai sangat penting untuk pembangunan Aceh ke depan.

Pernyataan tersebut disampaikan Nova Iriansyah kepada awak media, seusai bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Harpenas) tahun 2019, di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Kamis (2/5). Peringatan Harpenas, kemarin, berlangsung khidmat. Sejumlah pejabat dari berbagai instansi, termasuk pada pelajar di Banda Aceh mengikuti upacara tahunan tersebut.

Plt Gubernur Aceh menyampaikan, peringatan Hari Pendidikan Nasional (Harpenas) tahun 2019, harus dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas SDM di Aceh. “Sesuai dengan tema Harpenas dan kebijakan pemerintah pusat, pasca fokus di pembangunan infrastruktur, maka saat ini kita fokus pada pengembangan sumber daya manusia, maka leading sector pada proses ini tentu saja institusi-institusi pendidikan,” ujar Nova.

Dengan mengangkat tema ‘Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan’. Plt Gubernur menegaskan, penguatan pendidikan dan memajukan budaya, harus berada dalam level yang sama.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhajir Efendi, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Gubernur, mengimbau semua pihak untuk menjadikan peringatan Harpenas 2019 sebagai momentum untuk melakukan muhasabah dan refleksi terhadap usaha-usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan, dan memproyeksi pendidikan nasional yang dicita-citakan.

“Kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan.

Muhajir menjelaskan, disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017, tentang Pemajuan Kebudayaan semakin mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional Indonesia.

Sebagaimana diketahui, mulai tahun ini Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mencanangkan prioritas pembangunan pada penguatan SDM. “Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia bangkit sebagai sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat,” pungkas Plt Gubernur.(

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin SPd MPd mengimbau kepada seluruh kepala sekolah dan pengawas serta para guru, untuk mengaktifkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Dinul Islam) selama Bulan Ramadhan 1440 H/2019 M. Pelaksanaan Dinul Islam itu dilaksanakan selama dua pekan dalam Bulan Ramadhan.

“Penyelenggaraan penguatan Dinul Islam pada Bulan Ramadhan sangat penting dan strategis agar peserta didik memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam serta untuk menghindari peserta didik dari perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma agama,” tuturnya.

Untuk proses pembelajaran pada Bulan Ramadhan tahun ini masih sama dengan tahun lalu, yaitu mengisi dengan kegiatan keagamaan. Sedangkan untuk tekhnis pelaksanaannya menjadi kewenangan sekolah masing-masing masing.

Kadisdik Aceh menambahkan, untuk jadwal pelaksanaan pendidikan selama Bulan Ramadhan dapat dilaksanakan mulai dari Pukul 08.00 WIB hingga Pukul 12.00 WIB yang dilaksanakan selama dua pekan.

Begitu juga, tambahnya, bagi siswa non muslim, akan dikaitkan dengan rumah ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing. Dengan demikian, semua anak dapat belajar tentang akhlak dan agama yang lebih mendalam.(rul)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved