Ini Perolehan Suara DPRA

Perebutan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) antarpartai politik (parpol) mulai terlihat hasilnya

Ini Perolehan Suara DPRA
IST

* Suara Masuk Capai 63,74%

BANDA ACEH – Perebutan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) antarpartai politik (parpol) mulai terlihat hasilnya. Bahkan masing-masing parpol telah menghitung-hitung jumlah kursi yang didapat pada Pemilu 17 April 2019. Ada yang bertambah, ada pula yang berkurang.

Berdasarkan data yang diperoleh Serambi, Kamis (2/5) dari sumber terpercaya, sudah dapat dilihat jumlah perolehan kursi per daerah pemilihan (dapil) dari masing-masing parpol. Saat ini total suara sah dan tidak sah yang sudah masuk sekitar 2.247.478 atau 63.74 persen.

Berdasarkan hasil rangkuman Serambi, terlihat beberapa parpol berhasil meraih suara terbanyak di beberapa dapil dari sepuluh dapil yang ada di Aceh. Seperti Partai Aceh (PA) yang sudah menguasai di enam dapil. Keenam dapil itu tersebar di dapil I, II, V, VI, VII, dan dapil IX.

Pada dapil I (Aceh Besar, Banda Aceh, dan Sabang), PA berhasil meraup 64.768 suara. Dapil II (Pidie, Pidie Jaya) meraih 69.599 suara. Di kampung halaman Ketua DPA PA Muzakir Manaf, dapil V (Aceh Utara, Lhokseumawe), suara PA melambung tinggi, yaitu 121.992.

Tiga dapil lainnya adalah dapil VI (Aceh Timur) partai lokal ini berhasil meraup 50.143 suara. Sedangkan di dapil VII (Langsa, Aceh Tamiang) hanya meraup 32.125 suara dan dapil IX (Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, dan Aceh Barat Daya) meraih 30.307 suara.

Jika dilihat dari sebaran dapil, PA diperkirakan masih menguasai perolehan kursi di parlemen Aceh. Kendati demikian, menurut sumber Serambi yang layak dipercaya, PA diperkirakan gagal mempertahankan jumlah kursi yang diraih pada Pemilu 2014 yaitu 29 kursi dari 81 kursi DPRA.

Pada Pemilu 2019, PA kehilangan kursi di beberapa dapil. Misalnya, di dapil II, semula partai pentolan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini berhasil meraih lima kursi, tapi pada Pemilu kali ini hanya mampu meraih dua kursi. Sedangkan tiga kursi lainnya direbut oleh partai lain.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPA PA, Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak yang dihubungi Serambi beberapa waktu lalu mengungkapkan untuk sementara partainya telah mengantongi 24-25 kursi. Namun, ada versi lain yang menyebutkan, PA bertahan antara 18-19 kursi pada Pemilu 2019.

Meski begitu, hasil ini masih bersifat sementara. Untuk keputusan akhir akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Sebab, proses rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan perolehan suara masih berlangsung di tingkat kabupaten/kota.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved