Breaking News:

Warga ‘Serbu’ Pasar Tani

Arena Pasar Tani di Lampineung ‘diserbu’ warga yang ingin membeli daging murah yang dijual Rp 100.000

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/NURUL HAYATI
Kolase foto warga berbelanja di Pasar Tani "Edisi Meugang" di Lampineung, Banda Aceh, Kamis (2/5/2019). 

* Untuk Membeli Daging Murah

BANDA ACEH - Arena Pasar Tani di Lampineung ‘diserbu’ warga yang ingin membeli daging murah yang dijual Rp 100.000-Rp 130.000. Tampak warga rela antre untuk bisa membeli daging sapi sebagai persiapan meugang Ramadhan tahun ini. Selain daging murah, pihak UPTD Dinas Peternakan Aceh yang menggelar Pasar Tani itu juga menjual telur ayam ras murah, yaitu Rp 70.000/dua lempeng (60 butir).

Amatan Serambi, sejak pagi sampai siang, ibu-ibu yang mengantrian beli daging sapi murah di Pasar Tani Lampineung, sampai pukul 14.00 WIB, masih ada yang antrian menunggu panggilan untuk mendapatkan harga daging sapi murah.

Amatan Serambi, Kamis (2/5), antrean warga yang ingin berbelanja berlangsung sejak pagi hingga siang hari. Hingga pukul 14.00 WIB, puluhan ibu-ibu masih rela antre untuk mendapatkan daging yang dijual murah di Pasar Tani. Sebagaimana dijelaskan pedagang, mereka sudah menyembelih dua ekor sapi untuk dijual di pasar murah itu.

Karena hingga siang hari antrean masih mengular dan ramai, panitia kemudian menyembelih satu ekor sapi lagi. Pedagang juga membatasi jumlah pembelian tidak boleh lebih dari 5kg, yaitu 2 kg daging nomor satu seharga Rp 130.000/kg dan 3 kg untuk dagang kualitas dua seharga Rp 100.000/kg.

Kepala Dinas Peternakan Aceh, drh Rahmandi MSi kepada Serambi, kemarin mengatakan, program penjualan daging sapi murah dilakukan atas anjuran Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, yang meminta Dinas Peternakan Aceh membuat program penjualan daging murah menjelang meugang puasa.

Nova juga menyarankan, lokasi penjualan daging murah itu hendaknya dilakukan di Pasar Tani, yang berada di seberang jalan kantor Dinas Pertanian Aceh. “Sebenarnya penjualan daging murah itu dijadwalkan pada hari Rabu (1/5). Karena bertepatan peringatan Hari Buruh, maka pasar murah itu digeser ke Kamis ini,” ujar Rahmandi.

Kepala Dinas Peternakan Aceh, Rahmandi menambahkan, tujuan penjualan daging murah dan berkualitas itu, guna membantu masyarakat berpendapatan rendah untuk mendapatkan harga daging yang terjangkau menjelang meugang puasa. Selain itu, ujarnya, sebagai upaya pengendalian inflasi daerah. Karena akibat kenaikan harga daging mencapai Rp 150.000/Kg pada meugang puasa, dapat menyebabkan inflasi Kota di Banda Aceh bulan Mei menjadi tinggi. “Plt Gubernur meminta UPTD Disnak Aceh berkoordinasi dengan dinas teknis lainnya, sehingga tujuan pasar murah ini tercapai,” tandasnya.

Untuk bisa membeli komoditi yang dijual di Pasar Tani itu harus mengambil kupon lebih dulu pada petugas di lokasi itu. Warga yang sudah mendapatkan kupon, harus antre dan membeli dengan uang pas.(her)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved