Diduga Adanya Tindak Pidana Pemilu, Panwaslih Pidie Limpahkan Kasus Partai Gerindra ke Gakkumdu

Panwaslih Pidie melimpahkan kasus dikeluarkan surat permintaan pemindahan suara partai ke caleg DPRK nomor urut satu Partai Gerindra.

Diduga Adanya Tindak Pidana Pemilu, Panwaslih Pidie Limpahkan Kasus Partai Gerindra ke Gakkumdu
For Serambinews.com
Junaidi, Ketua Panwaslih Pidie 

Laporan Muhammad Nazar | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Pidie melimpahkan kasus dikeluarkan surat permintaan pemindahan suara partai ke caleg DPRK nomor urut satu Partai Gerindra.

Kasus tersebut dilimpahkan ke penyidik sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Sementara data dari Panwaslih Pidie, bahwa surat permintaan pemindahan suara bernomor Ac.18/04-011/B/DPC - Gerindra/2019, yang ditandangani Ketua DPC Gerindra Pidie H Saifuddin Syah Umar dan Masrul Junaidi (sekretaris).

Surat tersebut dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tangse.

"Kasus pemindahan suara partai ke caleg DPRK nomor urut satu Partai Gerindra, diduga adanya pelanggaran pemilu. Sehingga kita melimpahkan ke Gakkundu," kata Ketua Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslih Pidie, Mukhtar Alfalah, kepada Serambinews.com, Sabtu (4/5/2019).

Dikatakan, pelimpahan kasus tersebut setelah dikaji secara formil dan materil, dan diputuskan dalam rapat pleno Panwaslih.

"Kami telah meminta keterangan PPK Kecamatan Tangse, pelapor dan saksi. Panwaslih juga memanggil Ketua DPC Partai Gerindra Pidie, untuk dimintai klarifikasi sesuai amanah Perbawaslu Nomor 8 Tahun 2018 tentang tindak pidana pemilu," jelasnya.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Pidie, Masrul Junaidi, yang dikonfirmasi Serambinews.com, Sabtu (4/5/2019) menjelaskan, memang benar adanya keluar surat permohonan pemindahan suara caleg DPRK Partai Gerindra Pidie ke nomor urut satu.

Baca: Caleg DPR RI dari PPP Laporkan Rekannya ke Panwaslih Bireuen, Ini Dugaan Pelanggaran

Baca: Rekap Suara Tingkat Kabupaten Dimulai, Komisioner KIP Pidie tak Hadir Lengkap

Baca: 18 Penyelenggara Pemilu Tumbang di Pidie Selama Proses Rekap Suara Tingkat Kecamatan

"Keluarnya surat tersebut, adanya kekeliruan tentang permohonan pemindahan suara partai. Tapi, surat itu telah kita batalkan," pungkasnya.

Ketua PPK Kecamatan Tangse, Abdul Hafiz, kepada Serambinews.com, Sabtu (4/5/2019) menyebutkan, bahwa dirinya tidak mengetahui adanya surat perintah pemindahan suara partai ke caleg DPRK nomor urut satu Partai Gerindra.

Dikatakan, dirinya mengetahui surat tersebut saat adanya laporan caleg Gerindra, sekaligus melakukan cek kepada anggota PPK.

Ternyata kata Abdul, surat itu dikirim dengan surat lain secara bersamaan.

"Saya terkejut saat mengetahui surat itu dikirim ke PPK Tangse dan melaporkan kepada Panwas. Dan, kita tidak pernah melakukan pemindahan suara partai ke caleg DPRK Partai Gerindra," tandasnya. (*)

Penulis: Muhammad Nazar
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved