Gempa dan Tsunami Super Dahsyat Intai Pesisir Sumbar, Warga Diminta Waspada

Ini menjadi peringatan untuk selalu waspada karena dampaknya mampu mencapai kawasan pesisir termasuk Bengkulu.

Gempa dan Tsunami Super Dahsyat Intai Pesisir Sumbar, Warga Diminta Waspada
bangladeshchronicle.net
Ilustrasi gempa. BMKG mencatat hingga Selasa (5/3/2019) sore, gempa terjadi di Lombok Barat NTB, Luwu Timur, Palu hingga Aceh Besar. 

Laporan reporter Gridhot.ID, Nicolaus Ade Prasetyo

SERAMBINEWS.COM - Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) belakangan ini sedang berduka.

Terutama di wilayah Bengkulu yang pada 27 April 2019 lalu diterjang bencana banjir dan juga tanah longsor yang cukup dahsyat.

Bencana banjir yang terjadi ini dianggap sebagai benjana yang terburuk yang pernah terjadi di Bengkulu belasan tahun terakhir.

Melansir dari data BNPB, juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho, hal ini disebabkan karena intensitas hujan yang sangat tinggi di Bengkulu tak setara dengan kapasitas sungai yang ada.

Bencana banjir dan longsor tersebut mengakibatkan 30 orang tewas, 13.000 warga mengungsi, serta rusaknya sejumlah fasilitas umum di sembilan kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

Belum usai masalah bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa Bengkulu, kini dimuncul dugaan baru yang menyatakan akan terjadinya bencana susulan.

Dilansir Gridhot.ID dari Kompas.com Sabtu (4/5/2019), Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan bahwa kabupaten kepulauan Mentawai Sumatera Barat, diintai gempa maha dahsyat bermagnitudo 8,9.

Ini menjadi peringatan untuk selalu waspada karena dampaknya mampu mencapai kawasan pesisir termasuk Bengkulu.

Nasrul Arbit mengemukakan pernyataan itu berdasarkan pendapat 5 ahli kegempaan Jepang dengan fokus penelitian Pulau Mentawai di Sumatera Barat.

Halaman
123
Editor: Amirullah
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved