Ini Perkiraan Anggota DPRA dari Bireuen dan Aceh Timur

Proses rekapitulasi dan penetapan perolehan suara Pemilu 2019 sedang berlangsung di Komisi Independen Pemilihan

Ini Perkiraan Anggota DPRA dari Bireuen dan Aceh Timur
IST

BANDA ACEH - Proses rekapitulasi dan penetapan perolehan suara Pemilu 2019 sedang berlangsung di Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten/kota. Dari sepuluh daerah pemilihan (dapil) di Aceh, baru dua dapil yang sudah menyelesaikan tahapan tersebut. Kedua dapil itu adalah dapil III (Bireuen) dan dapil VI (Aceh Timur).

Sebenarnya sudah dapat diketahui nama-nama calon yang lolos menjadi anggota DPRA berdasarkan hasil pleno KIP Bireuen dan Aceh Timur, Sabtu (4/5). Tapi, keputusan resminya tetap harus menunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU). Apalagi batas akhir rekap dan penetapan suara di tingkat kabupaten/kota sampai 7 Mei 2019. Setelah itu, dilanjutkan tingkat provinsi hingga 12 Mei dan nasional hingga 22 Mei 2019.

Dari data yang diperoleh Serambi, perkiraan calon anggota DPRA yang terpilih dari dapil III berasal dari lima partai politik (parpol) yaitu Partai Aceh (PA), Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pada Pemilu kali ini, perhitungan kursi menggunakan metode sainte lague. Suara parpol akan dibagi dengan bilangan pembagi ganjil (1, 3, 5, dan seterusnya). Dengan metode ini, parpol yang meraih suara terbanyak berpeluang mendapat kursi lebih dari satu.

Di Dapil III, ada lima partai yang meraih suara terbanyak yaitu PA dengan 45.894 suara, PNA 39.773 suara, Partai Golkar 38.665 suara, PPP 18.019 suara, dan PKS 16.557. Dengan menggunakan metode sainte lague, hanya PA dan PNA yang meraih dua kursi. Dengan demikian, di dapil ini terdapat tujuh kursi yang diperebutkan. Mereka yang diperkirakan lolos ke DPRA adalah Zulfadli dan Khalili SH (PA), Samsul Bahri alias Tiyong dan Tgk Haidar (PNA), Ilham Akbar (Golkar), Dr H Amiruddin Idris SE MSi (PPP), dan Drs Purnama Setia Budi (PKS).

Jika dilihat dari data di atas, raihan kursi PA dari dapil III berkurang dari sebelumnya yaitu tiga kursi. Lebih miris lagi nasib Partai NasDem yang juga kehilangan kursi dari sebelumnya satu kursi. Sebaliknya, PKS patut berbangga setelah meraih satu kursi dari sebelumnya kosong.

Aceh Timur
Sedangkan di Aceh Timur, dari hasil pleno KIP setempat, beberapa partai meraih suara terbanyak dan kemungkinan bisa mengirim kadernya ke parlemen Aceh. Di antaranya PA 79.558 suara, Partai Demokrat 21.082 suara, PPP 16.342 suara , dan Partai Daerah Aceh (PDA) 13.814 suara.

Jika dihitung dengan metode sainte lague, PA diperkirakan meraih tiga kursi yang jatuh kepada caleg dengan suara badan tertinggi yaitu Tgk Muhammad Yunus M Yusuf yang meraih suara badan 20.142, Iskandar Usman Al-Farlaky (17. 416 suara), dan Martini (9.767 suara).

Sedangkan Demokrat, PPP, dan PDA masing-masing meraih satu kursi. Dari Demokrat yang diprediksi lolos ke DPRA adalah Muhammad Yunus (Banta) dengan suara badan 8.772 suara, dari PPP Murhaban Makam (7.120 suara), dan dari PDA Ridwan Abubakar alias Nek Tu (4.806 suara).

Di dapil IV, PA juga mengalami penyusutan satu kursi dari sebelumnya mendapat empat kursi. Nasib yang sama juga dirasakan NasDem. Hanya PPP yang bertahan. Sedangkan Demokrat dan PDA pada pemilu kali ini menoreh prestasi karena berhasil mengirim satu kadernya ke DPRA.

Sedangkan hasil perhitungan suara dari dapil lain, saat ini masih berlangsung. Memang beberapa kabupaten/kota sudah selesai melakukan rekap, tapi ada daerah lain dari dapil yang sama belum selesai. Sehingga belum bisa diketahui siapa saja caleg dari dapil tersebut yang kemungkinan lolos ke DPRA.(mas/yus/c49)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved