Breaking News:

Syekh dari Gaza Imami Tarawih di Masjid Raya

Syekh Gassan as-Syurbaji dari Darul Quran, Gaza, Palestina akan menjadi imam shalat Isya, Tarawih

Syekh dari Gaza Imami Tarawih di Masjid Raya
IST
Syekh Gassan as-Syurbaji

* Ulama Sudan di Al-Makmur

BANDA ACEH - Syekh Gassan as-Syurbaji dari Darul Quran, Gaza, Palestina akan menjadi imam shalat Isya, Tarawih, dan Witir di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah. Sementara ulama dari Sudan yaitu Syekh Hammam Abu Zaid Mustafa akan melaksanakan tugas yang sama di Masjid Agung Al-Makmur, Lampriek, Banda Aceh, mulai Minggu (6/5) malam nanti sampai malam terakhir Ramadhan.

“Kedua syekh itu juga akan memimpin shalat malam (Qiyamul Lail) pada 10 malam terakhir Ramadhan kali ini di masjid yang sama,” ujar Ketua Umum Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Aceh, Ustaz Fachruddin Lahmuddin SAg MPd, kepada Serambi, di Banda Aceh, kemarin.

Menurutnya, Syekh Hammam yang merupakan Imam Masjid Haji Noor, Khartoum (Ibu Kota Sudan) tiba di Banda Aceh pada Minggu (6/5) hari ini sekitar pukul 15.00 WIB. “Insya Allah beliau bisa langsung menjadi imam Tarawih di Masjid Agung Al-Makmur mulai malam pertama Ramadhan,” katanya. Sementara Syekh Gassan as-Syurbaji, lanjut Ustaz Fachruddin, awalnya direncanakan tiba di Banda Aceh pada Sabtu (4/5).

Namun, akibat adanya serangan Israel ke Palestina pada Kamis (2/5) yang bertepatan dengan saat Syekh Gassan as-Syurbaji bersama ratusan warga Gaza lainnya tiba di Raffah untuk berangkat umrah melalui Mesir, mereka tak diizinkan meninggalkan negaranya dan kemudian dipulangkan kembali ke Gaza oleh Pemerintah Mesir. Karena itu, Syekh Gassan as-Syurbaji belum tiba di Banda Aceh. Posisinya untuk sementara digantikan oleh Syekh Naji al-Ja’farawi yang juga berasal dari Darul Quran, Gaza.

“Syekh Naji sudah tiba di Banda Aceh pada Sabtu (4/5) sore. Kita sudah minta bantuan Kemenlu Palestina agar Syekh Gassan bisa segera keluar dari Gaza. Permintaan itu sudah direspons dan insya Allah Syekh Gassan kita perkirakan tiba di Aceh pada Rabu mendatang. Kita harapkan pada malam kelima Ramadhan beliau sudah bisa memimpin shalat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman,” jelas Ustaz Fachruddin.

Dikatakan, Syekh Naji bisa cepat tiba di Indonesia karena ia sudah lebih keluar dari Gaza atau sebelum serangan Israel pada Kamis (2/5). Ustaz Fachruddin juga mengungkapkan, kedatangan Syekh Gassan as-Syurbaji difasilitasi oleh DMI Aceh dan Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam Aceh. Sementara Syekh Hammam, datang ke Aceh berkat bantuan DMI Aceh bersama Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Agung Al-Makmur.

Kepada masyarakat yang ingin mendengarkan suara merdu syekh dari Gaza dan Sudan dalam mengimami shalat, Ustaz Fachruddin mempersilakan hadir ke Masjid Raya Baiturrahman dan Masjid Agung Al-Makmur selama bulan suci Ramadhan ini. “Kita kembali mendatangkan imam dari luar negeri agar memberi kenyamanan kepada jamaah dalam menghidupkan malam-malam Ramadhan dengan berbagai ibadah termasuk Tarawih dan Qiyamul Lail,” demikian Ustaz Fachruddin Lahmuddin.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved