Tradisi Sambut Ramadhan di Abdya, Lokasi Wisata Padat Pengunjung

Mengunjungi lokasi objek wisata merupakan tradisi menyambut bulan Ramadhan, setelah hari meugang.

Tradisi Sambut Ramadhan di Abdya, Lokasi Wisata Padat Pengunjung
Serambinews.com
Anggota polisi mengatur lalu lintas di Simpang Jalan Alue Trieng Gadeng Sungai Krueng Baru, Desa Kayee Aceh, lembah Sabil, Kabupaten Abdya, Minggu (5/5/2019). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

 SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Mengunjungi lokasi objek wisata merupakan tradisi menyambut bulan Ramadhan, setelah hari meugang.

Tradisi yang sudah mengakar ini sehingga seluruh lokasi objek wisata pantai dan bantaran aliran sungai di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dipadati pengujung, Minggu (5/5/2019).

Pantuan Serambinews.com, sejak Minggu pagi,  jalan nasional (jalan raya) kawasan Kabupaten Abdya padat arus kendaraan dari dua arah.

Kendaraan roda dua, mini bus pribadi, kendaraan bak terbuka sarat membawa warga menuju lokasi-lokasi wisata terkenal kawasan tersebut.   

Lokasi wisata pantai berubah seperti lautan manusia sejak Minggu siang hingga sore, terutama  Pantai Bali, Jilbab dan Ujong Serangga di Kecamatan Susoh, Pantai Pasie Ujong Manggeng dan Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng, Pantai Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee.

Pemandangan serupa juga tampak di lokasi wisata bahari (bantaran aliran sungai), terutama Bendungan Irigasi Kuta Tinggi dan aliran Krueng Beukah, Kecamatan Blangpidie. Aliran Krueng Baru, Kecamatan Lembah Sabil atau lokasi Perbatasan dengan Aceh Selatan.

Kemudian Sungai Krueng Krueng Babahrot dan aliran Krueng Seumanyam ataudi  lokasi perbatasan dengan Kabupaten Nagan Raya.

Pengunjung juga mengalir menuju wisata kolam di pengunungan Desa Persiapan Cinta Makmur, Kecamatan Setia, dan aliran Krueng Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa.

Di lokasi yang dikunjungi terutama di bantaran aliran sungai, pengunjung memasang tenda sebagai tempat berteduh anggota keluarga.

Para pengujung mandi bersama anak-anak, kemudian makan sepuasnya dengan beragam menu makanan yang sudah dipersiapkan pada hari meugang, Sabtu (4/5/2019).(*)

Baca: Wonderful Ramadhan di Aceh dan Pesona Bahari Dipamerkan di Majapahit Travel Fair

Baca: Saudara Kandung Ikut Nyaleg, Komisioner KIP Aceh Selatan Diprotes

Baca: Awak Boat yang Tenggelam di Muara Kuala Baru Aceh Singkil belum Ditemukan

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved