8 Partai Hiasi Kursi DPRK Aceh Barat

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat telah menuntaskan pleno rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 di Gedung DPRK

8 Partai Hiasi Kursi DPRK Aceh Barat
SERAMBI/MASRIZAL
KETUA KIP Banda Aceh, Indra Milwady bersama komisoner memimpin rapat pleno rekapitulasi dan penetepan suara hasil pencoblosan pada Pemilu 2019 di Hall Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Sabtu (27/4). 

* PA Terbanyak

MEULABOH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat telah menuntaskan pleno rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 di Gedung DPRK setempat, Sabtu (4/5) petang. Alhasil, partai politik (parpol) peraih suara terbanyak dan calon legislatif (caleg) terpilih untuk 25 kursi di DPRK kabupaten itu periode 2019-2024 pun mulai diketahui.

Informasi yang diperoleh Serambi, Minggu (5/5), pleno rekap suara Pemilu 2019 dipimpin Ketua KIP Aceh Barat, T Novian Nukman dihadiri empat komisioner lainnya, yaitu Sabki Mustafa Habli, Saktian, Basri, dan Saiful Asra. Turut hadir, Ketua Panwaslih Aceh Barat, RomiJuliansyah dan dua komisiner, Marzalita dan Bakhtiar, serta saksi dari partai politik. Pleno yang berlangsung sejak Sabtu siang hingga sore hari itu, khusus untuk Kecamatan Johan Pahlawan saja, mengingat 11 kecamatan lain sudah tuntas pada Rabu lalu.

Dengan tuntasnya rapat pleno, maka partai peraih 25 kursi DPRK Aceh Barat pun terdeteksi yakni sebanyak delapan partai. Masing-masing adalah, Partai Aceh (PA), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nanggroe Aceh (PNA), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (baca perolehan kursi dan caleg terpilih).

Komisioner KIP Aceh Barat, Sabki Mustafa Habli yang ditanyai Serambi mengatakan, pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten di Aceh Barat sudah selesai. Terhadap perolehan suara juga sudah diketahui berbagai kalangan. “Namun, untuk penetapan dan calon legislatif (caleg) untuk DPRK baru kita ketahui setelah pleno penetapan kursi DPRK yang kita rencanakan akhir bulan Mei nanti,” kata Sabki.

PA terbanyak
Sementara itu, data yang diperoleh Serambi mengungkapkan, perolehan suara terbanyak untuk DPRK Aceh Barat diraih PA disusul PAN, Partai Golkar, dan Partai Gerindra. Sebagai pemenang, PA memperoleh kursi terbanyak yakni 6 kursi, bertambah satu kursi dari periode sebelumnya. Sebaliknya, PAN justru berkurang menjadi 4 kursi dari sebelumnya 5 kursi.

Partai Golkar masih bertahan 4 kursi, disusul Partai Gerindra mencatat hasil fenomenal karena sukses meraih 4 kursi dari sebelumnya tidak ada. Dengan perolehan kursi dan suara terbanyak, maka PA dipastikan menjabat posisi ketua DPRK Aceh Barat. Sedangkan, posisi wakil ketua I dan II akan diraih Partai Golkar dan PAN.(riz)

perolehan kursi dprk dan caleg terpilih

* Dapil I (Kecamatan Johan Pahlawan): 8 kursi
- PA (5.113 suara)/2 kursi: Samsi Barmi dan H Tarmizi SE
- PAN (4.277 suara)/1 kursi: Medradia Yugistira SIKom
- Partai Gerindra (3.958 suara)/1 kursi: Hermanto
- Partai Demokrat (3.825 suara)/1 kursi: Mawardi
- Partai Golkar (3.747 suara)/1 kursi: Said Rizki Saifan SE
- PNA (3.061 suara)/1 kursi: Bustaman
- PKS (2.467 suara)/1 kursi: Masrizal SSi

* Dapil II (Kecamatan Samatiga, Arongan Lambalek, Bubon): 4 kursi
- PA (4.829 suara)/1 kursi: Dahlan
- PAN (3.891 suara)/1 kursi: Nasruddin
Partai Gerindra (2.210 suara)/1 kursi: Ade Dahmayanti
Partai Demokrat (2147 suara)/1 kursi: Nurdin

* Dapil III (Kecamatan Woyla, Woyla Barat, Woyla Timur, Sungaimas): 4 kursi
- PA (6.688 suara)/1 kursi: Hamdan SE
- Partai Gerindra (3.082 suara)/1 kursi: Ahmad Yani
- Partai Golkar (2.397 suara) 1/kursi: Ali Hasyimi
- PPP (2.923 suara)/1 kursi: Tgk H Mawardi Basyah SSos

* Dapil IV (Kecamatan Kaway XVI, Panton Reu, Pante Ceureumen): 5 kursi
- PA (4.726 suara)/1 kursi: Abu Bakar SSos
- Partai Golkar (3.482 suara)/1 kursi: H Kamaruddin SE
- PAN (3.342 suara)/1 kursi: Ramli SE
- Partai Demokrat (4.236 suara)/1 kursi: Dahlan
- Partai Gerindra (2.549 suara)/1 kursi: Samsul Rizal

* Dapil V (Kecamatan Meureubo): 4 kursi
- PA (2.993 suara)/1 kursi: Muhammad MT
- Golkar (2.180 suara)/1 kursi: Zulfikar
- PPP (1.921 suara)/1 kursi: Asrial Gutama
- PAN (1.856 suara)/1 kursi: Abdul Rauf SE

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved