Lulusan SMK Masih Tertinggi Tingkat Pengangguran, Tertinggi Lainnya Lulusan Diploma

Berdasarkan tingkat pendidikan pada Februari 2019, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih tertinggi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)...

Lulusan SMK Masih Tertinggi Tingkat Pengangguran, Tertinggi Lainnya Lulusan Diploma
REKTOR UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA (kiri) bersama Dekan Fakultas Ekonomi Unsyiah, Prof Dr Nasir Azis SE MBA Redaktur Pelaksana Serambi Indonesia, Yarmen Dinamika yang dipandu moderator, Bukhari M Ali, menjadi pembedah buku berjudul 'Pemuda, Pengangguran, dan Life Skill' di Gedung Pemuda, Banda Aceh, Sabtu (20/5/2017). 

Lulusan SMK Masih Tertinggi Tingkat PengangguranTertinggi Lainnya Lulusan Diploma

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Berdasarkan tingkat pendidikan pada Februari 2019, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih tertinggi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dibanding tingkat pendidikan lainnya di Aceh, yaitu sebesar 11,35 persen. 

Angka ini mengalami kenaikan dibanding Februari 2018 sebesar 6,28 persen. 

Baca: Senggol Polisi Hingga Jatuh, Lalu Rampas Ponsel dan Uang, Begini Nasib Perampok

Baca: Melalui Rukyatul Hilal Awal Ramadhan, Kemenag Ajarkan Ilmu Falak Kepada Masyarakat

Baca: Di Kemukiman Blang Blahdeh Bireuen, Hari Ini Masih Buka Warung Kopi


Tingkat pengangguran tertinggi lainnya terdapat pada tingkat Diploma I/II/III sebesar 9,57 persen, dibanding Februari 2018 TPT pada tingkat Diploma ini menunjukkan penurunan dari 11,47 persen. 

Dari sejumlah tingkat pendidikan lainnya seperti lulusan SD, SMP, SMA, dan Universitas pada Februari 2019 angka TPT menunjukkan penurunan, sedangkan SMK naik 11,35 persen.

"Dengan kata lain, ada penawaran tenaga kerja tidak terserap terutama pada tingkat pendidikan SMK dan Diploma I/II/III sehingga tingkat pengangguran pada kedua tingkat pendidikan itu tinggi," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Wahyudin MM dalam Berita Resmi Statistik tentang 'Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2019, Pertumbuhan Ekonomi Aceh Triwulan I-2019, Indeks Pembangunan Manusia, dan Indeks Tendensi Konsumen,' di Aula BPS setempat, Senin (6/52019).


Menurut Wahyudin, tingginya nilai TPT lulusan SMK karena para lulusan tesebut belum siap untuk langsung turun ke dunia usaha. 

Padahal, tujuan didirikannya SMK agar para lulusan dapat langsung masuk ke dunia usaha atau mempunyai usaha sendiri. 

Dikatakan, kurikulum yang digunakanpun masih yang lama, sebaiknya diubah sesuai dengan yang dibutuhkan dunia usaha saat ini. 

Selain itu, para lulusan SMK juga harus dibekali lagi dengan latihan praktik seperti yang dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK). Selanjutnya dibantu modal usahanya, sehingga secara stimulan pemerintah ikut membantu atau mempermudah kreditnya di perbankan. 

Wahyudin juga menyampaikan dalam setahun terakhir jumlah pengangguran berkurang 18 ribu orang dari 154 ribu menjadi 138 ribu orang. 

Menurutnya, pengurangan ini terjadi karena adanya pembukaan Pegawai Negeri Sipil  (PNS) 2018 lalu. Selain itu juga ada yang bekerja pada administrasi pemerintahan, jasa pendidikan dan industri pengolahan. (*)

 

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved