20 Kursi DPRK Bireuen Diprediksi Wajah Baru

Sebanyak 20 orang anggota DPRK Bireuen periode 2014-2019 terpilih kembali sebagai wakil rakyat

20 Kursi DPRK Bireuen Diprediksi Wajah Baru
SERAMBINEWS.COM/FERIZAL HASAN
Komisioner KIP Bireuen, menggelar jumpa pers dengan wartawan terkait hasil Pleno Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2019, di Aula Kantor KIP setempat 

BIREUEN-Sebanyak 20 orang anggota DPRK Bireuen periode 2014-2019 terpilih kembali sebagai wakil rakyat. Perkiraan itu berdasarkan hasil rapat pleno perjumlahan suara partai peserta pemilu dan banyaknya suara badan masing-masing caleg, sedangkan 20 lainnya dipredeksikan adalah wajah baru. Ketua KIP Bireuen, Agusni SP MSi mengatakan, rekapitulasi hanya menetapkan jumlah suara partai dan jumlah suara badan masing-masing caleg, sedangkan penentuan siapa yang akan menjadi anggota DPRK Bireuen periode 2019-2025 prosesnya masih panjang, yakni menunggu SK dari KPU Pusat.

Data diperoleh Serambi, ke-20 anggota DPRK wajah lama yaitu daerah pemilihan I (DP1) masing-masing Yusriadi, SH (PKS), H Muhammad Amin (Golkar), H Abdullah Amin (PPP), Zulfikar, SE (Demokrat) dan Amryadi (PA) meraih suara terbanyak dan kemungkinan naik lagi. Di dapil ini wajah baru hanya satu orang, yaitu Usman dari PKB.

Berikutnya, daerah pemilihan II (DP2), Rusyidi Mukhtar (PA), Murdani Banta Ali (PPP), Faisal Hasballah (Gerindra), Jasman Rani (Demokrat) dan Anwar Hasan (Nasdem). Ada pun wajah baru di DP2 adalah Hermansyah (PKB), Juniadi (Golkar), Zulfahmi, ST, MT (PKS), Aida Fitria (PNA), dan Zulkifly dari PBB.

Kemudian daerah pemilihan III (DP3) wajah lama diperkirakan, yaitu Ir M Yusuf (Nasdem), Ismail Adam (PKS), dan Athaillah (PPP). Sedangkan, tiga wajah baru yaitu Iskandar Is, SPd, MH (Golkar), Mudassir (Demokrat), dan Zulkarnaini (PA).

Kemudian daerah pemilihan IV (DP4) wajah lama, masing-masing Suhaimi Hamid (PNA), Syauqi Futaqi (Golkar), dan Isnaini (PPP). Sedangkan tiga lainnya adalah wajah baru, yaitu Sayuti (Demokrat), Muslim Abdullah (PA), dan M Jafar (PDA).

Sedangkan di daerah pemilihan V (Dapil5) hanya satu orang wajah lama, yaitu Tgk Razali Nurdin (PDA), sedangkan lima lainnya adalah wajah baru, yaitu Rosmani (Golkar), Ir Zainal Abidin (Nasdem), Suriya Yunus (PAN), M Nasir/Rasyidin (PA) dan Taufiq Ridha dari PNA.

Sedangkan daerah pemilihan VI (PD4), wajah lama yang masih bertahan diperkirakan T Muhammad Mubaraq (Golkar), Hasanuddin (PKS), dan Mukhlis Rama (PAN). Sedangkan tiga wajah baru adalah Aiyub (Demokrat), Yufaidar/Amartana (PA), dan Sufyannur (PNA).

Rapat pleno KIP Bireuen menetapkan rekapitulasi hasil pemilu legislatif dan presiden telah usai dilaksanakan dan menunggu keputusan KPU dari Jakarta. Hal itu disampaikan anggota komisioner KIP Bireuen, Eddy Safwan, SE kepada Serambi, Senin (6/05).

Data diperoleh Serambi dari KIP Bireuen tentang perolehan suara masing-masing partai adalah sebagai berikit. Untuk daerah pemilihan 1 (DP1) Kecamatan Kota Juang dan Kuala, PKB mendapatkan 2.748 suara, caleg paling banyak suara adalah Usman 1.494, Golkar mendapatkan 3.882, caleg paling banyak suara adalah H Muhammad Amin 897 suara.

Kemudian PKS mendapatkan 4.847 suara, ada pun caleg yang banyak suara adalah H Yusriadi 319. Seterusnya PPP mendapatkan 3.439 suara, caleg yang paling banyak suara adalah Drs Abdullah Amin, Demokrat mendapatkan 2.478 suara, caleg yang mendapatkan suara terbanyak adalah Zulfikar SE, terakhir Partai Aceh mendapatkan 5.586 suara, caleg paling banyak adalah Amryadi 1.514.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved