Petugas Pemadam Aceh Besar Berjibaku dengan Kebakaran Lahan Ilalang di Lam Awe

kami mengharapkan masyarakat tidak membakar sampah sembarangan, apalagi kalau tidak diawasi

Petugas Pemadam Aceh Besar Berjibaku dengan Kebakaran Lahan Ilalang di Lam Awe
FOR SERAMBINEWS.COM
Mobil Pemadam Kebakaran Aceh Besar sedang menerobos lahan ilalang yang terbakar di Lam Awe, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Selasa (7/5/2019). 

Petugas Pemadam Aceh Besar Padamkan Kebakaran Lahan Ilalang di Lam Awe

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, ACEH BESAR - Ketika mayoritas umat muslim sedang berbuka puasa, tapi di sisi lain sejumlah petugas pemadam kebakaran dari BPBD Aceh Besar, sedang berjibaku memadamkan lahan ilalang yang sedang terbakar di Gampong Lam Awe, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Selasa (7/5/2019).

Sejumlah minuman mineral dan beberapa potong kue pun ikut dibawa ke lokasi saat memadamkan api yang lahan seluas kurang lebih satu hektare itu.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Farhan AP mengatakan begitu mendapat laporan ada kejadian kebakaran lahan ilalang di Gampong Lam Awe, sekitar pukul 19.00 WIB, petugas langsung bergerak ke lokasi.

Baca: Ini Parpol dan Caleg Peraih Suara Terbanyak Untuk DPRK Aceh Tengah

"Saya bersama anggota langsung bergerak ke lokasi begitu mendapat informasi kebakaran lahan dari masyarakat. Hal yang paling dikhawatirkan, karena lokasi kebakaran lahan di Lam Awe itu sangat dekat dengan permukiman penduduk," kata Farhan.

Meski sejauh ini belum diketahui jelas penyebab kebakaran lahan tersebut.

Tapi, ia menduga kebakaran itu diakibatkan oleh pembakaran sampah yang tidak diawasi.

"Karena itu, kami mengharapkan masyarakat tidak membakar sampah sembarangan, apalagi kalau tidak diawasi. Dampaknya sangat berbahaya, karena rumput-rumput itu sangat kering akibat cuaca panas yang terjadi belakangan ini," pungkas Farhan.

Baca: Pembunuhan di Aceh Utara, Istri dan Kedua Anak Tiri Tersangka Dieksekusi Dengan Pisau Lipat

Petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Iqbal menambahkan pemadaman baru berhasil dilakukan sekitar pukul 20.00 WIB, pada saat masyarakat akan melaksanakan shalat isya dan tarawih.

"Alhamdulillah, satu unit mobil pemadam dari pos Peukan Bada yang dikerahkan ke lokasi mampu memadamkan api. Penangganan kebakaran itu juga ikut dibantu personel polsek dan koramil setempat," pungkas Iqbal.(*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved