Selama Puasa Pasokan Ikan di PPS Kutaradja Lampulo Meningkat, Harga Jual di Pasaran Merosot

Bila dibandingkan dengan hasil tangkapan Maret sebesar 1.665 ton, meningkat sebesar 68 persen.

Selama Puasa Pasokan Ikan di PPS Kutaradja Lampulo Meningkat, Harga Jual di Pasaran Merosot
SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Kepala Syahbabdar PPS Kutaradja Lampulo, Romli dan Kepala UPTD Lampulo, Nurhadi sedang wawancara dengan awak kapal terhadap jatuhnya harga ikan bulan April dan bulan Mei 2019. 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Syahbandar Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaradja Lampulo, Kota Banda Aceh menyebutkan hasil tangkapan ikan dari boat nelayan di PPS Kutaradja Lampulo Banda Aceh, pada April 2019 2.699 ton.

Bila dibandingkan dengan hasil tangkapan Maret sebesar 1.665 ton, meningkat sebesar 68 persen.

“Namun demikian, kenaikan hasil tangkapan ikan yang cukup tinggi itu, belum menambah penghasilan nelayan, karena harga ikan saat ini sedang jatuh,” kata Kepala Syahbandar PPS Kutaradja Lampulo, Banda Aceh, Tommi Purnomo kepada Serambi, Selasa (7/5/2019) di PPS Kutaradja Lampulo, Banda Aceh.

Tommi didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PPS Kutaradja Lampulo Banda Aceh, Nurmahdi mengatakan sepertinya sudah menjadi hukum ekonomi, jika produksi hasil tangkapan ikan nelayan sedang meningkat, harga beli ikan dari pedagang pengumpul kurang bagus, atau cenderung menurun.

Baca: Presiden Jokowi Tinggalkan Jakarta Menuju Kalimantan, Tinjau Lokasi Ibu Kota Negara yang Baru

Baca: Awaluddin Terkendala Dana Operasi Kanker Kelenjar Getah Bening di Lehernya

Baca: Sebelum Dibunuh Suaminya, Irawati Sempat Kirim SMS Minta Tolong, Anaknya Loncat dari Lantai Dua

Seorang toke bangku Pak Gadung melaporkan pada Jumat (3/5/2019) sebelum puasa menjual ikan hasil tangkapan kepada pedagang pengumpul di PPS Kutaradja lampulo sebanyak 10 ton.

Total hasil penjulan ikan yang diterima hanya Rp 60 juta. Itu artinya, harga ikan yang dibeli pedagang pengumpul rata-rata hanya Rp 6.000/Kg.

Pak Gadung mengungkapkan, pendapatan hasil penjualan ikan pada April dan Mei dibandingkan dengan bulan Maret lalu jauh menurun, hampir setengahnya.

Pada Maret, harga beli ikan partai besar dari pengumpul di PPS Kutaradja Lampulo, masih berkisar Rp 10.000-Rp 15.000/Kg, untuk pembelian partai besar.

Bulan ini turun, dibeli hanya dengan harga Rp 6.000/Kg.

Menanggapi keluhan para toke bangku, Kepala Syahbandar dan Kepala UPTD Kutaraja Lampulo, Banda Aceh, Nurmahdi mengatakan, harga jual ikan di PPS Kutaradja saat ini memang sedang jatuh, disebabkan banyak hal.

Antara lain, sedang musim ikan dan di PPS Kutaradja Lampulo, baru ada satu perusahaan pengolah ikan.

Pada Juli atau Agustus 2019 mendatang, akan ada satu perusahaan pengolahan ikan lagi yang akan beroperasi.

“Kalau sudah ada dua perusahaan, akan ada persaingan harga beli dan harga ikan nelayan akan naik kembali di saat musim ikan banyak, tidak seperti sekarang ini,” ujar Tommi dan Nurmahdi.(*)

Penulis: Herianto
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved