Disbudpar Gelar Festival Ramadhan 2019

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Selasa (7/5), membuka secara resmi Festival Ramadhan 2019

Disbudpar Gelar Festival Ramadhan 2019
SERAMBI/ NURUL HAYATI
TARI sufi tampil pada pembukaan Festival Ramadhan 2019 di Taman Budaya, Banda Aceh, Selasa (7/6).

* Berlangsung Selama Dua Pekan

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Selasa (7/5), membuka secara resmi Festival Ramadhan 2019 yang berlangsung di Taman Budaya, Banda Aceh. Festival yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh itu berlangsung selama dua pekan, 7-21 Mei.

Pembukaan Festival Ramadhan 2019 ditandai dengan penabuhan bedug oleh Nova Iriansyah. Pembukaannya juga dimeriahkan art opening berupa tari sufi kolaborasi tiga komunitas seni di Aceh.

Hadir pada kegiatan itu, Plt Sekda Aceh, anggota DPRA, Ketua PKK, Kepala SKPA, Kepala SKPD, Ketua UMKM, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh.

Plt Gubernur Aceh dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Aceh akan terus berupaya menggelorakan syariah di bumi Aceh, termasuk pada Festival Ramadhan 2019 ini. “Kita akan menggelorakan syariah. Kita juga berharap ‘Festival Ramadhan 2019’ masuk 10 top even,” ujar Nova Iriansyah dalam kata sambutannya.

Mengacu arahan Kementerian Pariwisata, Nova mengatakan, seharusnya persiapan Festival Ramadhan 2019 dilakukan tiga bulan sebelum pelaksanaan. Namun begitu, Plt Gubernur mengapresiasi krativitas Disbudpar Aceh dalam menghadirkan Festival Ramadhan 2019.

Festival Ramadhan 2019 diwarnai berbagai kegiatan menarik bersifat islami, seperti opening ceremony, bazar dan kuliner, jajanan berbuka puasa, pentas dan lomba seni budaya islami, pameran budaya islami, pemutaran film islami, buka puasa, dan tausyiah, Selain itu juga digelar lomba seni islami, azan, mewarnai, nasyid, dalail.

Kegiatan itu dihelat di tiga panggung di area Taman Budaya. Acara dimulai pukul 16.30 sampai 20.00 WIB. Kemudian, dilanjutkan kembali pada pukul 21.30 WIB hingga selesai. Sebanyak 24 stan kuliner dan 16 stan lainnya juga hadir memeriahkan kegiatan itu.

Festival Ramadhan 2019 juga menampilkan nuansa unik dan menarik dengan aneka dekorasi budaya Aceh yang islami, dalam rangka memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung Festival Ramadhan 2019. Selain menjadi tempat warga lokal untuk ngabuburit, kegiatan ini juga bertujuan menarik minat wisatawan muslim ke Aceh.

“Selama acara berlangsung, penyelenggara juga akan membagikan takjil gratis kepada masyarakat, shalat Tarawih berjamaah, buka puasa bersama, santunan anak yatim dan lelang baju artis nasional. Hasil lelangnya akan disumbangkan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa,” imbuh Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin mengatakan, Festival Ramadhan 2019 masuk dalam 10 top even. Sesuai arahan Kemenpar, setiap provinsi harus mengadakan 100 even wisata setiap tahunnya. “Festival Ramadhan 2019 menjadi keunikan Aceh,” ujar Kadisbudpar, Jamaluddin dalam kata sambutannya saat acara pembukaan di Taman Budaya, Banda Aceh kemarin.

Melalui semangat wisata halal, Disbudpar Aceh menyambut wisatawan untuk menikmati pesona wisata Aceh, lewat tagline wisatanya ‘Wonderful Ramadhan in Aceh’.

Jamal menambahkan, Festival Ramadhan 2019 tidak hanya untuk memperkenalkan Aceh sebagai destinasi wisata halal dengan sebutan ‘Serambi Mekkah’yang sarat dengan budayanya yang islami, sehingga wisatawan dapat menikmati pesona dan keunikan wisata Ramadhan di Aceh. Hal itu sekaligus memperkuat positioning Aceh sebagai destinasi wisata halal unggulan nasional dan internasional.(rul)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved