Plt Gubernur: Aceh Tempat Ujian Pemimpin, Jika Lolos di Aceh Mudah Memimpin Daerah Lain

Menjadi gubernur di Aceh tantangannya sangat berat. Aceh adalah tempat ujian. Lolos di Aceh, maka akan mudah di daerah lain.

Plt Gubernur: Aceh Tempat Ujian Pemimpin, Jika Lolos di Aceh Mudah Memimpin Daerah Lain
SERAMBI/M ANSHAR
PLT Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Senin (22/4/) menggelar konferensi pers di Kantor Bappeda Aceh terkait tindak lanjut aspirasi mahasiswa dan masyarakat yang menggelar aksi unjuk rasa penolakan PT Emas Mineral Murni (EMM) yang berakhir ricuh di halaman Kantor Gubernur Aceh pada 11 April lalu. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA -- Menjadi gubernur di Aceh tantangannya sangat berat. Aceh adalah tempat ujian. Lolos di Aceh, maka akan mudah di daerah lain.

Hal itu disampaikan Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat berbicara di hadapan masyarakat Aceh di Jakarta, Rabu (8/5/2019) malam.

"Contohnya Pak Azwar Abubakar, Pak Mustafa Abubakar, selepas menjabat gubernur Aceh lalu diangkat jadi Menteri. Mudah-mudahan saya juga begitu...ha..ha..," kata Nova Iriansyan.

"Tapi sekarang saya masih Plt Gubernur. Latihan jadi gubernur," sambung suami dari Dyah Erti Idawati ini.

Pertemuan dengan masyarakat Aceh Jakarta itu diselenggarakan Tama Iskandar Muda.

Agenda rutin tiap bulan Ramadhan.

Baca: Nova Iriansyah: Aceh Disebut Termiskin di Sumatera, Tapi Nomor 2 Daerah Paling Bahagia di Indonesia

Baca: Aktivis Kebudayaan Minta SBY Ingatkan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah tentang Posisi MAA

Baca: Belasan Mahasiswa Demo Kantor Gubernur Aceh, Minta Nova Tolak Perusahaan Tambang Emas di Aceh Tengah

Masyarakat Aceh menggelar acara buka puasa bersama, tarawih dan witir, serta menghimpun zakat.

Nova Iriansyah menceritakan pengalamannya saat didemo mahasiswa besar-besaran di Banda Aceh beberapa waktu lalu terkait penolakan terhadap PT Emas Mineral Murni, perusahaan pertambangan yang beroperasi di Nagan Raya dan Aceh Tengah.

"Saya heran, kenapa saya didemo besar-besaran. Padahal saya juga setuju dan sependapat dengan tuntutan mereka. Tapi inilah yang terjadi di Aceh," kata Nova Iriansyah, yang sesekali bernyanyi dan baca puisi.

Hal lain yang disampaikan Nova terkait etos para pegawai.

"Masih lemah. Saya pernah punya ide untuk mengirim pegawai di Aceh melakukan latihan di Rindam atau pusat pelatihan. Tapi setelah dihitung biayanya besar sekali. Ini untuk meningkatkan etos pegawai," ujar Nova Iriansyah.

Hadir dalam acara itu Kepala Bappeda Aceh Azhari, dua anggota DPR RI asal Aceh T. Riefky Harsya dan Nasir Djamil serta sejumlah tokoh Aceh di Jakarta. (*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved