Ramadhan dan Persatuan Umat, Simak Paparan Tgk Fakhruddin Lahmuddin

Dialog interaktif yang mengangkat tema "Ramadhan dan Persatuan Umat" dan disiarkan secara langsung oleh Radio Serambi FM 90,2 MHz

Ramadhan dan Persatuan Umat, Simak Paparan Tgk Fakhruddin Lahmuddin
SERAMBIFM.COM
Ketua Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Aceh, Tgk H Fakhruddin Lahmuddin mengisi dialog interaktif dengan tema "Ramadhan dan Persatuan Umat" yang dipandu host, Tya Andalusia, di studi Radio Serambi FM, Meunasah Manyang, Pagar Air, Aceh Besar, Kamis (9/5/2019). 

Ramadhan dan Persatuan Umat, Simak Paparan Tgk Fakhruddin Lahmuddin

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Persaudaraan adalah salah satu ciri khusus dan utama dari ummat Islam.

Maka, apapun tindakan yang dapat merusak persaudaraan sesama muslim hukumnya adalah haram.

Demikian antara lain disampaikan Ketua Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Aceh, Tgk H Fakhruddin Lahmuddin SAg MPd, saat menjadi narasumber dalam program Serambi Spiritual, kerja sama antara Radio Serambi FM dan Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) Aceh, Kamis (9/5/2019) pagi.

Dialog interaktif yang mengangkat tema "Ramadhan dan Persatuan Umat" dan disiarkan secara langsung oleh Radio Serambi FM 90,2 MHz ini dipandu host, Tya Andalusia.

"Dalam kehidupan ini ada perselisihan dan perbedaan. Hal itu karena ada berbagai faktor yang memicunya. Allah mengatakan kalau memang ada perselisihan dan perbedaan maka itu segera didamaikan," kata Tgk Fakhruddin sambil mengutip Alquran surah Al Hujurat.

Pemimpin Dayah Tgk Chik Oemar Diyan Indrapuri ini menambahkan, ciri utama umat Islam itu adalah sesama muslim bersaudara, sehingga Rasulullah SAW dalam hadis-hadis sahih menyebutkan seorang muslim itu menjadi saudara bagi muslim yang lainnya.

Baca: Sahkah Salat Tarawih Super Cepat atau Lama Sekali? Ini Penjelasan dari Ahli Hukum Islam

Dalam hal ini, Rasulullah memberi perumpamaan bagaimana seorang muslim dengan muslim yang lain dalam kehidupan ini adalah seperti satu jasad. Apabila ada bagian dari jasad itu merasa sakit, maka seluruh tubuh akan merasa demam dan susah tidur.

"Itu satu perumpamaan yang Rasulullah gambarkan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved