Panwaslih: Pemilu Aman, Tapi Banyak Pelanggaran

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh, Faizah mengaku pelaksanaan pemilu di Aceh berlangsung aman dan lancar

Panwaslih: Pemilu Aman, Tapi Banyak Pelanggaran
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 Provinsi Aceh di gedung DPRA, Minggu (12/5/2019). 

BANDA ACEH - Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh, Faizah mengaku pelaksanaan pemilu di Aceh berlangsung aman dan lancar. Tapi dia juga tidak menafikan bahwa banyak terjadi pelanggaran pemilu.

“Secara umum pelaksanaan pemilu telah berlangsung dengan lancar dan aman, walaupun banyak juga pelanggaran yang terjadi,” katanya kepada Serambi, Minggu (12/5).

Faizah mengatakan, pelanggaran-pelanggaran yang dilaporkan atau yang menjadi temuan panwaslih seperti pelanggaran administrasi dan pidana pemilu telah ditindaklanjuti bahkan banyak yang direkomendasikan untuk pemungutan suara ulang atau perhitungan suara ulang.

“Yang pelanggaran pidana ada yang sudah ada putusan seperti di Pidie Jaya. Sedangkan pidanayang lain masih dalam proses, bahkan besok ada yang baru mulai sidang seperti kasus di Langsa,” sebut dia.

Selain banyak terjadi pelanggaran, Faizah juga mengaku bahwa dalam pelaksanaan pemilu ini juga terjadi intimidasi terhadap penyelenggara. “Terkait dengan intimidasi juga masih ditemukan bahkan juga untuk penyelenggara,” demikian Faizah. (mas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved