Ribuan PNS di Abdya Terancam Tak Bisa Terima THR Sebelum Idul Fitri, Ini Penyebabnya

Ada pun kabar bahwa THR cair mulai tanggal 24 Mei disampaikan Menteri Keungan RI Sri Mulyani sebagaimana dikutip media massa.

Ribuan PNS di Abdya Terancam Tak Bisa Terima THR Sebelum Idul Fitri, Ini Penyebabnya
Net
Ilustrasi 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah juga membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji bulan ke 13 kepada para PNS dan pensiunan.

Bahkan, di jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berkembang informasi kalau THR tahun 2019 dicairkan pemerintah mulai tangal 24 Mei mendatang.

Ada pun kabar bahwa THR cair mulai tanggal 24 Mei disampaikan Menteri Keungan RI Sri Mulyani sebagaimana dikutip media massa.

“Untuk THR tanggal 24 Mei, sudah bisa kami cairkan,” kata Sri Mulyani dikutip Kompas.com. Sedangkan gaji bulan ke 13 dicairkan bersamaan dengan tahun baru ajaran sekolah.

Pernyataan Menteri Sri Mulyani tentang segera cair THR membuat perasaan sebagian PNS di Abdya, barang kali juga di daerah lain menjadi ‘berbunga-bunga’. Betapa tidak, anggaran dari THR yang segera didapat bisa digunakan menutupi kebutuhan menyambut lebaran yang memang butuh dana besar.

Tetapi yang terjadi kemudian, ribuan PNS dan pensiunan lingkup Pemkab Abdya, termasuk daerah lain, terancam tidak menerima THR (tunjangan hari raya) sebelum Idul Fitri, termasuk tidak tepat waktu menerima gaji bulan ke 13 tahun 2019.

Bukan tidak tersedia anggaran menjadi penyebab, tetapi terkendala Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 & 36 yang sudah berlaku sejak awal Mei 2019.

Pada Pasal 10 ayat (2) kedua PP tersebut memerintahkan teknis pemberian gaji, pensiun, gaji ke 13 dan THR yang bersumber dari APBD (APBK) diatur dengan Peraturan Daerah (Perda) atau Qanun. Sedangkan penyusunan Qanun/Perda butuh waktu cukup lama.

Karenanya, bila PP Nomor 35 & 36 tahun 2019 tidak segera direvisi oleh pemerintah, maka ribuan PNS dan pensiunan di Kabupaten Abdya, juga daerah lain akan ‘gigit jari’.

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved