Mahasiswa IAIN Bantu Palestina

Civitas akademika dan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Selasa (14/5) mengumpulkan

Mahasiswa IAIN Bantu Palestina
SERAMBINEWS.COM/FERIZAL HASAN
Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) perwakilan Bireuen, menggalang dana untuk rakyat Palestina, di Bundaran Simpang Empat Bireuen 

* Kumpulkan Sumbangan Sebesar Rp 5,8 juta

LANGSA - Civitas akademika dan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Selasa (14/5) mengumpulkan bantuan sebesar Rp 5.839.000, untuk meringankan beban Muslim Palestina, baik di Jalur Gaza maupun Tepi Barat.

Sumbangan ini dikumpulkan di sela-sela mendengarkan kondisi Palestina yang disampaikan oleh Syeikh Barjas Daoud Salih Elawar dari Jordania, di Masjid kampus IAIN.

Di hadapan para jamaah Syeikh Barjas, melalui penerjemahnya, menceritakan kondsi Masjid al-Aqsa dan masyarakat Palestina yang setiap harinya terus ditindas oleh tentara Israel.

Syeikh Barjas berharap agar setiap Muslim menjadikan al-Aqsa bagian dari kehidupan sehari-hari, dan terus mengkampanyekan agar menjadi suatu hal yang sangat penting bagi umat Islam. “Saya mengucapkan terima kasih kepada IAIN Langsa yang turut mendukung dan mengedukasi masyarakat mengenai al-Aqsa dan bangsa Palestina,” ujar Syeikh Barjas.

Dia menambahkan, Indonesia merupakan negara dengan Muslim terbanyak di dunia, dan masyarakat Palestina sudah menganggap Indonesia sebagai kakak kandungnya sendiri. Sehingga jika ada masalah Palestina selalu mengadu kepada Indonesia.

Menurut Syeikh Barjas, pada zaman dahulu, sebelum berangkat berperang Panglima Perang Shalahunddin Al Ayyubi selalu memberikan pendidikan agama kepada para tentaranya. Begitu halnya juga di kampus, mahasiswa harus terus diberi pendidikan agama agar mereka akan terus cinta agama Allah, dan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk membela agama Allah SWT.

Sebelumnya, Syeikh Barjas beserta rombongan disambut oleh Rektor IAIN Langsa, Dr H Basri MA di ruang kerjanya. Kepada Syeikh, Rektor mengatakan mendukung misi dakwah yang diemban oleh Syekh Palestina selama bulan Ramadhan ini di Aceh.

Rektor juga menyampaikan rasa empati kepada masyarakat Palestina yang saat ini terus mendapatkan penjajahan berupa penindasan dan serangan senjata oleh tentara Israel, sehingga banyak jatuh korban jiwa. “Mudah-mudahan rakyat Palestina terus dikuatkan menerima cobaan itu, dan semua penderitaan segera berlalu,” ujar Basri.

Bahkan sebagai bentuk kecintaan kampus kepada Paleatina, IAIN Langsa menetapkan mata kuliah Tarikh Islam dan sejarah peradaban Islam kepada para mahasiswa. Sehingga sejarah Masjid al-Aqsa terus mendapat perhatian khusus bagi mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiawaan dan Kerjasama, Dr Zainuddin MA, dalam kesempatan itu mengajak seluruh dosen, pegawai dan mahasiswa IAIN untuk terus menggalang donasi guna membantu rakyat Palestina.

“Setelah perkuliahan aktif nantinya mari kita sama-sama menggalang donasi untuk membantu suadara kita Muslim Palestina, dan bantuan itu nanti kita kirimkan melalui rekening KNRP,” ujarnya.

Dr Zainuddin MA mengucapkan alhamdulillah, donasi yang terkumpul dari jamaah yang hadir di masjid kampus IAIN Langsa berjumlah senilai Rp 5.839.000, yang saat itu langsung diberikan melalui Syeikh Barjas.

Sementara itu sorenya, Syeikh Barjas dan rombongan menerima undangan dari Wali Kota Langsa, Tgk Usman Abdullah, sekaligus untuk menerima bantuan di pendopo dan dilanjutkan buka puasa bersama masyarakat dan Forkopimda.(zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved