Listrik Resmi Menyala di Sikundo Aceh Barat, Desa Sempat Viral karena Jembatan Kabel

Gampong Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat yang belum pernah tersentuh listrik, pada Sabtu (18/5/2019) resmi mulai menyala...

Listrik Resmi Menyala di Sikundo Aceh Barat, Desa Sempat Viral karena Jembatan Kabel
For Serambinews.com
Keuchik Gampong Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat, Jauhari memperlihatkan Kwh meter menyusul masuknya arus listrik PLN ke kawasan terpencil itu, Sabtu (18/5/2019). 

Listrik Resmi Menyala di Sikundo Aceh Barat, Desa Sempat Viral karena Jembatan Kabel

Laporan Rizwan  | Meulaboh

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat yang belum pernah tersentuh listrik, pada Sabtu (18/5/2019) resmi mulai menyala.

Masuknya arus listrik ke desa pedalaman Aceh Barat itu, setelah PLN menuntaskan pemasangan jaringan dari Gampong Jambak hingga ke Sikundo dengan jarak 6 kilometer melewati pengunungan.

Informasi diperoleh Serambinews.com, Sabtu (18/5/2019) dari Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Meulaboh, Ediwan ST menjelaskan, listrik mulai perdana operasi ditandai dengan mulai menyala pada 13 rumah di Gampong Sikundo tersebut.

"13 persil (Kwh meter) itu yakni 3 persil bantuan PLN dan 10 persil bantuan ESDM Aceh. Tiga Kwh meter bantuan PLN yakni dipasang di masjid, rumah keuchik dan rumah imum chik, " kata Ediwan.

Dikatakannya, listrik mulai menyala perdana pada Sabtu di Sikundo dengan kondisi baik dan normal, yaitu untuk tegangan rendah pelayanan diukur di 230 Volt.

"Alhamdulillah kita dapat menyelesaikan pembangunan jaringan listrik ke Desa Sikundo lebih cepat dari target yang kami prediksikan sebelumnya yaitu di Juni 2019 menjadi 18 Mei 2019," katanya.

Dikatakannya, keberhasilan ini adalah dengan izin Yang Maha Kuasa dan berkat partisipasi semua pihak terkait, PLN UIW Aceh, PLN UPPK Aceh, PLN UP3 Meulaboh, Polres Aceh Barat dan jajaran, serta Kodim 0105 Aceh Barat dan jajaran.

"Tugas kita selanjutnya menjaga pasokan listrik ke seluruh jaringan yang telah dibangun ini tetap handal. Sehingga semua pelanggan nyaman dan terpenuhi kebutuhan listriknya," katanya.

Manajer PLN UP3 Meulaboh meminta kepada masyarakat dan pelanggan untuk menjaga agar menggunakan listrik sesuai peruntukannya, mengisi token sesuai kebutuhan dan menghindari adanya penggunaan listrik ilegal.

Baca: Live Streaming Kualifikasi MotoGP Prancis 2019 Pukul 18.30 WIB, Vinales atau Marquez yang Terdepan?

Baca: Jelang Bergulirnya Liga 2, Persiraja Butuh Tambahan Striker dan Pemain Belakang

Baca: Nelayan Pijay Datangi PT Abhitech di Bireuen. Ini Tuntutannya

Seperti pernah diberitakan, Desa Sikundo di Aceh Barat pada Februari 2019 mendadak menjadi viral setelah pemberitaan terkait jembatan kabel.

Banyak kalangan di Aceh dan Aceh Barat turun ke desa tersebut yakni jalan menuju desa hancur, gedung SD tidak berfungsi dan warga terpaksa menggunakan jembatan kabel serta belum tersentuh listrik.

Akhirnya pada Februari 2019 jembatan gantung resmi digunakan setelah rampung dibangun Pemerintah Aceh dan PLN memastikan listrik masuk ke desa setempat.(*)

Penulis: Rizwan
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved