Nelayan Pijay Datangi PT Abhitech di Bireuen. Ini Tuntutannya

Merasa dipermainkan dan setelah lebih sebulan ditunggu namun belum juga ada khabar pasti, belasan nelayan Pidie Jaya, Jumat (17/5/2019) mendatangi ..

Nelayan Pijay Datangi PT Abhitech di Bireuen. Ini Tuntutannya
For Serambinews.com
Rumpon Laut 

Nelayan Pijay  Datangi PT Abhitech di Bireuen. Ini Tuntutannya

Laporan Abdullah Gani |Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Merasa dipermainkan, dan setelah lebih sebulan ditunggu realisasi janjinya,  namun belum juga ada khabar pasti, belasan nelayan Pidie Jaya, Jumat (17/5/2019) petang mendatangi Kantor Sekretariat  PT Abhitech di Matang Gelumpangdua, Kabupaten Bireuen.

Kedatangan 12 dari 34 nelayan dan didampingi Kabid Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pidie Jaya, Yulizar, ke markas PT Abhitech di Bireuen adalah untuk menemui sekaligus mencari tahu hingga sejauhmana tanggung jawab pihak Abhitech menyangkut dengan belum dibayarnya ganti rugi Rumpon yang dipotong perusahaan tersebut.

Yulizar kepada Serambinews,com, Sabtu (18/5/2019), sesuai perjanjikan antara tim saksi pembayaran kompensasi rumpon dengan perwakilan nelayan  serta disaksikan Kadis DKP Pidie Jaya dan beberapa dinas terkait sekitar sebulan lalu, bahwa sebanyak 34 rumpon  yang telah dipotong oleh PT Abhitech sekitar dua bulan lalu, akan dibayar 50 persen dari  harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Pada ganti rugi sebelumnya, lanjut Yulizar, setiap rumpon, PT Abhitech membayar  antara Rp Rp 20 juta hingga Rp 60 juta atau berdasarkan bobot atau volume dari rumpon itu sendiri.

Sesuai perjanjian tertulis, kedua belah pihak menyepakati ganti rugi itu dilakukan dalam jangka waktu sesingkat-singkatnya.

Baca: 23 Caleg Petahana Kembali ke Gedung DPRA, Ini Nama dan Perolehan Suara Mereka di Pemilu 2019

Baca: Yayasan Hakka Aceh Barat Bantu 550 Paket Sembako

Baca: Korban Hilang di Krueng Meureudu Ditemukan

Namun, setelah ditunggu-tunggu hingga sebulan lebih, pihak Abhitech terkesan ingkar janji. Karena merasa sudah dipermainkan, sehingga perwakilan nelayan berjumlah 12 orang, Jumat (17/5/2019) petang, terpaksa mendatangi kantor Abhitech di Matang Glumpangdua, Kabupaten Bireuen.

Ditanya bagaimana kesimpulan atau hasil pertemuan dengan manajemen Abhitech, Yulizar mengatakan, belum ada khabar pasti kapan ganti rugi itu dibayar. Karena pihak petugas Abhitech di Matang Glumpangdua akan menyampaikan persoalan ganti rugi itu terlebih dahulu kepada atasannya.

Sebelumnya, hampir setiap hari, nelayan Pidie Jaya mendatangi DKP setempat menagih janji Abhitech. Sementara persoalan diitu  menjadi urusan PT Abhitech.  Atas dasar itulah sehingga nelayan sengaja meminta agar mereka dipertemukan langsung dengan para manajamen pihak Abhitech di Bireuen.(*)    

  

    

Penulis: Abdullah Gani
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved