BBPOM Aceh Periksa 34 Jenis Takjil di Pidie, Ini Hasilnya

Keempat pasar yang diuji BBPOM Banda Aceh meliputi Pasar Kembang Tanjong, Pasar Beureunuen, Lampoh Saka dan Pasar Caleu.

BBPOM Aceh Periksa 34 Jenis Takjil di Pidie, Ini Hasilnya
SERAMBINEWS.COM/ MUHAMMAD NAZAR
Kabid Pemeriksaan BBPOM Banda Aceh, Nurlinda Lubis, bersama Asisten I Setdakab Pidie, Barul Walidin, memperlihatkan hasil uji makanan dan minuman berbuka puasa yang tidak mengandung bahan bahaya di pasar Caleu, Kecamatan Indrajaya, Senin (20/5/2019). 

Laporan Muhammad Nazar | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh melakukan pemeriksaan terhadap isi kandungan dalam minuman dan makanan untuk buka puasa atau takjil di empat pasar di Pidie, Senin (20/5/2019).

Keempat pasar yang diuji BBPOM Banda Aceh meliputi Pasar Kembang Tanjong, Pasar Beureunuen, Lampoh Saka dan Pasar Caleu.

Tercatat 34 jenis minuman dan makanan yang diuji kandungannya. Antara lain, mi, tahu goreng, bakso goreng dan makanan yang berwarna.

Sementara untuk minuman antara lain cendol, kolang kaling dan berbagai minuman berwarna.

"Kita uji makanan dan minuman, untuk mengetahui mengandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin, rodhaminBe dan metanil Yellow," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemeriksaan BBPOM Banda Aceh, Nurlinda Lubis, kepada Serambinews.com, Senin (20/5/2019).

Dikatakan, dari 34 makanan dan minuman yang diperiksa, ternyata tidak mengandung boraks, formalin, rodhaminBe dan metanil yellow. Artinya makanan dan minuman yang dijual untuk penganan berbuka nyaman dikonsumsi warga di Bulan Suci Ramadhan.

Baca: BBPOM Temukan Makanan Berboraks

Baca: BBPOM Sidak Panganan Berbuka, Temukan Boraks dan Formalin

Baca: BBPOM Cek Kandungan Takjil

"34 jenis makanan dan minuman yang kita ambil sampling, ternyata saat dilakukan uji tidak mengandung bahan berbahaya. Ini membuktikan warga telah sadar dengan tidak menjual makanan dan minuman berbahaya," jelasnya.

Ia menambahkan, tanun ini BBPOM tidak melakukan uji kandungan takjil di pasar Grong-grong. Sementara pada tahun 2018, hasil uji kandungan mi di pasar Grong-grong mengandung boraks.

"Besok, BBPOM Banda Aceh akan melakukan pemeriksaan makanan dan minuman di Pidie Jaya," pungkasnya.

Ikut dalam kegiatan tersebut, Asisten I Setdakab Pidie, Barul Walidin, Kepala Dinas Pidie, Efendi dan Kedisperindagkop Pidie, Zulkifli. (*)

Penulis: Muhammad Nazar
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved