Plt Gubernur Silaturahmi dengan Ulama Se-Aceh

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, Sabtu (18/5), melakukan silaturahmi dengan ulama se-Aceh di Anjong Mon Mata

Plt Gubernur Silaturahmi  dengan Ulama Se-Aceh
FOTO IST
PLT Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, berdialog dengan sejumlah ulama pada silaturahmi di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Sabtu (18/5). FOTO IST 

BANDA ACEH - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, Sabtu (18/5), melakukan silaturahmi dengan ulama se-Aceh di Anjong Mon Mata, Banda Aceh. Acara yang difasilitasi Dinas Pendidikan Dayah Aceh tersebut dirangkai dengan iftar jama’i (buka puasa bersama).

Sekitar 300-an ulama se-Aceh hadir dalam silaturahmi tersebut. Di antaranya Tgk Muhammad Amin (Abu Tumin) Blang Bladeh, Tgk H Nuruzzahri (Waled Nu) Samalanga, Abu Ishak Lamkawe, Abi Jafar Lueng Angen, Abi Daud Hasbi, Abah Asnawi Lamno, Waled Marhaban Bakongan, Tgk Mustafa Ahmad (Abu Paloh Gadeng), Ayah Cot Trueng, Abon Sofyan Arongan, Abi Lampisang, Waled Husaini, dan sejumlah pimpinan dayah lainnya yang tersebar di seluruh Aceh.

Dari jajaran Pemerintah Aceh hadir Plt Sekda Aceh, Helvizar Ibrahim, Asisten I, M Jafar SH MHum, Asisten II, dr Taqwallah MKes, Asisten III, Kamaruddin Andalah SSos Msi, dan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny SAg MM. Hadir pula anggota DPR RI asal Aceh, Teuku Riefky Harsya.

Plt Gubernur dalam sambutannya mengaku sangat senang bisa bersilaturahmi dengan ulama se-Aceh, apalagi dalam momentum bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Dengan segala keterbatasan, menurut Nova, dirinya belum bisa bersilaturahmi ke semua ulama di Aceh. Namun, sambung Plt Gubernur, dengan acara ini dirinya bisa langsung bertatap muka dengan para ulama dari seluruh Aceh. Tentu, tambahnya, ini merupakan momen spesial yang tak ternilai harganya. Nova berharap silaturrahmi itu diberkahi oleh Allah SWT.

“Melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Pemerintah Aceh terus berusaha mengembangkan dayah-dayah di Aceh. Untuk itu, setiap ada masukan agar dapat dikoordinasikan demi kebaikan kita bersama dan dayah di masa mendatang,” ungkap Nova Iriansyah.

Plt Gubernur juga menyampaikan agar ulama dapat selalu membantu umara, serta saling menguatkan dan memberikan masukan, dalam membangun Aceh ke depan. “Kami sadar tanpa pendampingan dari ulama, maka membangun Aceh ke arah yang lebih baik adalah cita-cita belaka,” jelasnya.

Didampingi Kadis Pendidikan Dayah, Usamah El Madny, Plt Gubernur menyatakan, melalui dinas yang dipimpin Usamah, Pemerintah Aceh sudah melakukan serangkaian pembinaan dan pembenahan terhadap dayah. Ke depan, Nova meminta Dinas Pendidikan Dayah Aceh untuk menyusun pola silaturahmi yang sistematik dengan program yang menyentuh.

Sementara Abi Daud Hasbi mewakili ulama menyampaikan, pihaknya merasa bahagia berada dalam jamaah undangan Pemerintah Aceh. “Kami bahagia meski silaturrahmi ini berlangsung dalam waktu yang singkat,” ujar Abi Hasbi. Abu Hasbi meminta perhatian lebih dari pemerintah Aceh untuk dayah/pesantren yang ada di Aceh. Sebab, tambahnya, dayah punya andil besar dalam membangun Aceh.(rel/jal)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved