Teuku Riefky Cetak Hattrick

Pemilu legislatif (Pileg) 2019 memang banyak memunculkan hal-hal menarik. Salah satunya seperti yang dialami caleg DPR RI

Teuku Riefky  Cetak Hattrick
IST
DPR RI, Teuku Riefky Harsya 

* Raih Suara Tertinggi Tiga Kali Berturut-turut

BANDA ACEH - Pemilu legislatif (Pileg) 2019 memang banyak memunculkan hal-hal menarik. Salah satunya seperti yang dialami caleg DPR RI, Teuku Riefky Harsya yang akan kembali duduk di Senayan untuk keempat kalinya.

Penelusuran Serambi, dalam sejarah perpolitikan Aceh, Teuku Riefky tercatat sebagai satu-satunya anggota DPR RI yang berhasil memperoleh suara tertinggi dalam tiga kali pileg secara berturut-turut alias ‘hattrick’, dengan perolehan suara yang terus mengalami peningkatan.

Pada Pileg 2019 ini, Wasekjen DPP Partai Demokrat ini berhasil meraup 128.906 suara, tertinggi dari 13 caleg DPR RI asal Aceh yang lolos ke Senayan. Perolehan suara badan itu naik hampir dua kali lipat dari perolehan suara pada Pemilu 2014 lalu yang sebanyak 65.8521 suara. Bahkan lebih tinggi dari perolehan suara tahun 2009 lalu (118.417 suara), ketika Demokrat sedang booming secara nasional.

Dihubungi saat menghadiri acara buka puasa bersama Plt Gubernur Aceh dengan ulama se-Aceh di Banda Aceh, Sabtu malam (18/5), Teuku Riefky mengucapkan rasa syukurnya atas doa dan dukungan para ulama dan masyarakat Aceh.

“Keluarga besar Partai Demokrat mengucapkan syukur dan terima kasih atas doa para ulama dan dukungan masyarakat Aceh pada Pemilu Legislatif 2019 ini,” katanya.

Perolehan suara tertinggi di daerah pemilihan (dapil) 1 yang meliputi 15 kabupaten/kota, 176 kecamatan, dan 3.648 gampong itu dia katakan, merupakan sebuah amanah besar dan ini bukan hal yang mudah. Sebab, selain menjaga komitmen dalam memperjuangan aspirasi masyarakat Aceh di Pusat, juga penting untuk menjaga silaturrahmi dengan konstituen.

“Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami anggota DPR RI, mengingat wilayah Aceh yang sangat luas,” timpalnya.

Sejak 2005, Teuku Riefky yang saat itu baru berusia 33 tahun telah mewakili rakyat Aceh sebagai pengganti antarwaktu (PAW) menggantikan almarhum Prof Rusli Ramli. Dengan terpilihnya kembali dalam Pileg 2019 ini, Teuku Riefky Harsya akan dilantik untuk keempat kalinya sebagai wakil rakyat Aceh di Senayan.

Suara partai tertinggi
Dalam Pileg 2019, Partai Demokrat juga berhasil meraih suara teringgi di Aceh untuk Pusat (DPR RI), yakni 413.438 suara (2 kursi) disusul Gerindra376.784 suara (2 kursi), Golkar 325.421 suara (2 kursi), PAN 318.202 suara (1 kursi), PPP 215.520 suara (2 kursi), PKS 209.011 suara (2 kursi), dan PKB 186.314 suara (2 kursi).

Disinggung tentang perolehan suara Demokrat tersebut, Teuku Riefky tak berkomentar banyak. Ia hanya mengutip pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Menang jangan terbang, kalah jangan patah. Kader Partai Demokrat teruslah berbuat untuk Aceh, perjuangan belum selesai,” demikian Teuku Riefky. (yos)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved